Home » » Harga Telur Melambung Mencapai Rp28 Ribu/Kg

Harga Telur Melambung Mencapai Rp28 Ribu/Kg

Written By yun ciamis on 19 July 2018 | 12:37 PM

ciamiszone.com :

PASAR MANIS,- Harga telur ayam di Pasar Manis Ciamis saat ini masih tinggi hingga mencapai Rp28 ribu per kilogramnya, padahal dua minggu sebelumnya harga hanya berkisar antara Rp22 ribu sampai Rp23 ribu per kilogram.

Berdasarkan keterangan para pedagang di Pasar Manis Ciamis, kenaikan harga telur ayam sata ini paling tinggi yang pernah dialami pedang, karena saat Hari Raya Idul Fitri saja kenaikan hanya sampai Rp22 ribu dari Rp18 ribu.

“Sekarang harga telur ayam memang kenaikannya paling tinggi disbanding sebelumnya yang pernah saya alami, biasanya tidak sampai Rp28 ribu, ini bisa dikatakan harga kaget,” kata salah seorang pedagang telur, Dodi Saluyu di Pasar Manis Ciamis, Kamis (19/7/2018).

Menurut Dodi, kenaikan harga telur ini berdasarkan informasi dari para peternak karena mahalnya harga pakan imbas dari nilai dolar.

Seain itu, kenaikan harga telur ayam juga dipengaruhi oleh telur ayam dari Jawa masuk ke Jabodetabek. Sehingga telur menjadi mahal. Meski Ciamis merupakan sentra telur ayam, namun patokan harga tetap dari Jawa.

"Banyak peternak juga yang mengeluh, apalagi saat ini produksi telur ayam sedang menurun," tegasnya.

Tingginya harga telur di Ciamis membuat omset Dodi mengalami penurunan hingga 50 persen. Biasanya dalam sehari di kiosnya bisa menjual sampai empat peti, namun saat ini hanya dua peti saja. 

“Satu petinya sekitar 30 kilogram. Pembeli dua peti itu yang sudah biasa menjadi langganan. Sementara dua peti lagi merupakan pembeli rumah tangga yang kebetuan lewat di pasar,” katanya.

Dodi berharap, mudah-mudahan minggu-minggu ini harga telur bisa turun, diakuinya, informasi akan turunnya harga telur itu sudah ada, tapi untuk sekarang harga masih Rp28 ribu per kilogram. (Aldi)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com