Home » » Rekapitulasi KPU Tanpa Dihadiri Saksi Idola, HY Menang Telak

Rekapitulasi KPU Tanpa Dihadiri Saksi Idola, HY Menang Telak

Written By yun ciamis on 06 July 2018 | 1:52 AM

ciamiszone.com :

GD. KESENIAN,- Rapat Pleno Rekapitulasi hasil perhitungan suara dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ciamis yang digelar KPU Kabupaten Ciamis tidak dihadiri saksi dari pasangan Cabup/Cawabup nomor urut 2, H. Iing Syam Arifin dan H. Burhanudin (Idola) tanpa alasan jelas, namun hal itu tidak berpengaruh pada hasil perhitungan KPU yang menunjukan pasangan Cabup/Cawabup Nomor urut 1, DR. H. Herdiat Sunarya dan Yana D. Putra (HY) menang telak dengan dengan perolehan suara 59,59%, sementara incumbent 40,41%.

Ketua KPU Kab. Ciamis, Kikim Tarkim, S.Ag mengatakan, ketidakhadiran saksi dari pasangan nomor urut 2 tidak mengganggu pada berita acara hasil rekapitulasi, karena rapat pleno berlangsung terbuka di hadapan Komisioner Panwaslu, PPK se-Kab. Ciamis dan juga saksi dari pasangan nomor urut 1.

“Sampai malam ini saya belum mendapatkan alasan kenapa tidak ada saksi dari pasangan nomor urut 2, tapi tidak jadi masalah kaena tidak mengganggu proses dan hasil rekapitulasi yang sudah dituangkan dalam berita acara, meskipun tidak ditandatangani saksi salah satu pasangan, ” kata Kikim usai pleno rekapituasi di Gedung Kesenian Ciamis, Jalan Ir. H. Djuanda, Kamis (5/7/2018) tengah malam.

Dijelaskannya, hasil rekapitulasi perhitungan suara hasil Pilbup yang dilaksanakan mulai pukul 19.00 itu menunjukan pasangan nomor urut 1, HY memperoleh suara sebanyak 415.767 dan Idola 281.947 dari suara sah sebanyak 697.714, sementara suara tidak sah mencapai 24.237.

Diakuinya, berita acara hasil rekapitulasi malam ini juga akan segera disampaikan kepada Mahkamah Konstitusi (MK) untuk selanjutnya menunggu perkembangan di MK. Jika dalam tiga hari tidak ada masalah terkait laporan keberatan dari salah satu pasangan calon, maka MK akan memberikan rekomendasi sebagai dasar KPU untuk menetapkan HY sebagai Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis terpilih.

Sementara saksi pasangan HY, Hans Handiyana Ekawarsa didampingi Nurmutaqin usai penandatanganan berita acara menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak, terutama penyelenggara dan aparat keamanan yang sudah mengawal jalannya pleno rekapitulasi hingga  berlangberl aman dan lancar,  apalagi hasilnya menunjukan kemenangan untuk HY.

“Sudah kami prediksi sebelumnya, hasil rekapitulasi KPU tidak akan meleset dari real count versi HY yang menunjukan angka 59,59% HY dan 40,41% Idola,” katanya singkat. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com