Home » » Satu Pekan Dibuka, Belum Ada Caleg yang Daftar

Satu Pekan Dibuka, Belum Ada Caleg yang Daftar

Written By yun ciamis on 12 July 2018 | 1:06 PM

ciamiszone.com :


JENDSUD,- Meskipun pendaftaran penerimaan dokumen syarat bakal calon anggota DPRD Kabupaten Ciamis tekah dibuka sejak Rabu, 4 Juli 2018, namun setelah satu minggu berlalu belum ada satu pun calon yang mendaftar. Padahal KPU memprediksi ada sekitar 800 calon yang akan bertarung dalam mempererbutkan kursi wakil rakyat pada Pemilu 2019.

Komisioner KPU Ciamis, Divisi Teknis, H. Ade Rusmana mengatakan, pihaknya belum menerima satupun partai yang mendatarkan bakal calegnya, padahal jadwalnya penerimaan akan berakhir Selasa, 17 Juli 2018.

“Setiap partai politik boleh mendaftarkan 50 orang bakal calegnya sesuai alokasi kursi DPRD Ciamis. Pengurus parpol yang mendaftarkannya, jadi bukan calon yang daang ke KPU,” kata H. Ade di di kantor KPU Kab. Ciamis, Jalan Jendral Sudirman, Kamis (12/7/2018).

Menurut H. Ade, parpol peserta Pemilu 2019 di Ciamis ada 16 partai, alokasi kursi DPRD Ciamis 50 kursi, jadi masing-masing parpol bisa mendaftarkan 50 orang. Jumlah total maksimal 16 x 50 jadi 800 orang.


Dijelaskannya, Kabupaten Ciamis terbagi menjadi enam daerah pemilihan (Dapil) dengan pembagian kursi, Dapil Ciamis 1 (Ciamis,  Sadananya,  Cikonéng,  Sindangkasih) sebanyak 10 kursi, Ciamis 2 (Cihaurbeuti,  Panumbangan, Panjalu,  Sukamantri) 7 kursi, Ciamis 3 (Lumbung, Kawali,  Panawangan,  Jatinagara,  Cipaku) 9 kursi, dan Dapil Ciamis 4 (Rajadesa,  Sukadana,  Tambaksari,  Rancah,  Cisaga), Dapil Ciamis 5 (Banjaranyar,  Banjarsari,  Lakbok,  Purwadadi) dan Ciamis 6 (Cidolog,  Pamarican,  Cimaragas, Cijeungjing,  Baregbeg) masing-masing sebanyak 8 kursi. 


Ade berharap, parpor bisa segera memanfaatkan waktu untuk mendaftar, jangan sampai serentak diakhir waktu penerimaan Selasa, 17 Juli 2018 pukul 24.00.

“Parpol segera mendaftarkan Calegnya, karena jika ada syarat yang kurang bisa segera dilengkapi. Namun untuk syarat pengajuan bakal calon harus ada dan sah. karena tidak bisa diperbaiki atau dilengkapi pada saat perbaikan pada 22-31 Juli 2018,” tegasnya. (Aldi)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com