Home » » YPG Tetapkan Yat Rospia Kembali Menjadi Rektor Unigal 2018-2022

YPG Tetapkan Yat Rospia Kembali Menjadi Rektor Unigal 2018-2022

Written By yun ciamis on 04 July 2018 | 10:00 PM

ciamiszone.com :

UNIGAL,- Mengacu pada aturan statuta pasal 48 tentang Rektor, Yayasan Pendidikan Galuh (YPG) Ciamis menetapkan Dr. H. Yat Rospia Brata, Drs. M.Si sebagai Rektor Universitas Galuh (Uinigal) Ciamis masa bakti 2018-2022.

Dalam rilisnya yang diterima Rabu (4/7/2018) petang tadi, Ketua YPG Ciamis, H. Otong Husni Taufik, S.IP, M.Si mengakui, pasal 48 tentang Rektor, dalam ayat 3 huruf (a) tersebut mengisyaratkan, pendidikan doktor dengan jabatan fungsional akademik serendah-rendahnya lector dan memiliki pengalaman dalam jabatan struktural serendah-rendahnya wakil dekan atau eseloneringnya yang sederajat selama sekurang-kurangnya empat tahun sesuai Surat Edaran Dirjen Dikti Nomor 2705/D/T/1998 dan tidak merangkap sebagai pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) lain.

“Tahapan penjaringan yang sudah dilakukan panitia merupakan pertimbangan calon rektor, dan penetapannya berdasarkan aturan yang ada. Dan kami ucapkan terimakasih kepada panitia yang sudah melakukan tahapan-tahapan dalam pertimbangan calon rektor yang diikut tiga calon yaitu, Dr. H. Yat Rospia Brata, Drs. M.Si, Dr. Yagus Triana, Drs, M.Pd, dan Dr. Awang Kustiawan, Drs, MM,” kata Otong.

Otong menjelaskan, dalam tahapan penjaringan calon rektor Unigal, tahapan pertimbangan senat universitas lalu, salah satu calon yaitu Dr. Awang Kustiawan mengundurkan diri, sementara Dr. Yagus Triana mendapatkan suara pertimbangan senat 16 dan Dr. H. Yat Rospia Brata mendatap 10 suara. Namun, proses tersebut bukanlah final melainkan tahap pertimbangan calon rektor, karena penetapan berdasarkan pertimbangan yayasan sesuai aturan yang berlaku.

Pasal 48 ayat 5 menyatakan, rektor diangkat dan diberhentikan oleh yayasan setelah mendapat pertimbangan senat universitas dan berdasarkan pertimbangan yayasan. Maka YPG menyimpulkan hanya Dr. Yat Rospia yang memenuhi persyaratan administrasi, sedangkan Dr. Yagus Triana tidak memenuhi syarat berdasarkan aturan karena jabatan yang pernah diembannya tidak pernah habis/penuh masa jabatannya (kurang dari empat tahun) karena berpindah-pindah jabatan.

Ditegaskan Otong, dasar hukum lainnya atas penetapan Rektor Unigal sesuai UU RI yang mengatur tentang yayasan, pasal 35 yakni Pengurus Yayasan bertanggungjawab penuh atas kepengurusan yayasan untuk kepentingan dan tujuan yayasan serta berhak mewakili yayasan baik di dalam maupun luar pengadilan.

“Kepada seluruh mahasiswa yang kami sayangi an kami banggakan agar tetap fokus pada pendidikan akademiknya memenuhi amanat orangtua agar menjadi generasi yang berguna bagi bangsa dan negara,” pungkasnya. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com