Home » , » 15 Raja Nusantara Hadiri Peringatan Gong Perdamaian Dunia ke-9

15 Raja Nusantara Hadiri Peringatan Gong Perdamaian Dunia ke-9

Written By yun ciamis on 09 September 2018 | 3:01 PM

ciamiszone.com :

CIJEUNGJING,- Peringatan Gong Perdamaian Dunia ke-9 yang ada di Situs Budaya Ciungwanara Karangkamuyan, Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis dihadiri oleh 15 Raja Nusantara yang tergabung dalam Forum Siaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) atas undangan Trah Kerajaan Galuh, R. Hanif Radinal, di Situs Karangkamuyan, Minggu (9/9/2018).

Pemprakarsa Gong Perdamaian Dunia, Irjend Pol (Purn) Dr. Drs. Anton Charliyan, M.P.KN mengatakan, kehadiran 15 Raja Nusantara merupakan sebuah penghargaan bagi Galuh Ciamis yang merupakan titik awal bergaungnya perdamaian.

“Tidak semata-mata Gong Perdamaian Dunia ini didirikan di Situs Budaya Karangkamulyan, apalagi gong ini satu-satunya gong terbesar di dunia dengan ukuran 3,33 meter, dengan jumlah angka 9 yang diresmikan jam 9 lewat 9, tanggal 9 September 2009,” kata Anton usai peringatan yang ditandai dengan pemukulan gong di Situs Karangkamulyan.

Menurut Anton, dengan anka sembilan bisa menyebarkan budaya damai bahwa Sunda ini adalah jiwa spirit harmoni, dengan kedamaian ini kita bisa menjadi kuat dan Bangsa Indonesa bisa menjadi kuat karena persatuan.

“Satu-satunya negara kesatuan di dunia hanya Indonesia,” tegasnya.

Dijelaskannya, kehadiran raja-raja nusantara di Situs Karangkamulyan ini diharapkan yang memang sudah tahu bahwa awal perdamaian munculnya dari Karangkamulyan berdasarkan naskah yang ada, sehingga mereka akan lebih tahu dan bukan hanya di wilayah kerajaan mereka saja yang menjunjung perdamaian.

“Perdamaian diawali dari Karangkamulyan bukan hanya legenda tapi ada naskahnya. Jadi berdasarkan naskah. Saya yakin para raja juga mempunyai budaya damai di masing-masing daerahnya. Makanya sebarkanlah budaya damai ini, sehingga budaya damai ini menjadi satu budaya nusantara, bukan hanya budaya Galuh saja,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kab. Ciamis, Toto Marwoto mengakui, pihaknya menggelar acara peringatan Gong Perdamaian Dunia ke-9 tahun 2018 yang dikemas dalam kegiatan Bewara Agung Galuh dengan konsep kalaborasi seni budaya untuk menarik wisatawan nusantara dan mancanaegara ke obyek wisata budaya Ciungwanara Karangkamulyan.

”Acara yang dimulai pukul 09.09 ini diisi berbagai penampilan seni budaya lokal unggulan Ciamis, mulai dari Wayang Landung, Bebegig Sukamantri, Seni Ebeg, sampai ke penampilan seni budaya dari anak-anak pelajar binaan Dinas Pendidikan Kab. Ciamis. Dan puncak acara nanti malam menampilkan artis Charly Setia Band,” katanya. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com