Home » » Jelang Pemilu 2019, Ciamis Deklarasikan Pemilu Damai

Jelang Pemilu 2019, Ciamis Deklarasikan Pemilu Damai

Written By yun ciamis on 10 September 2018 | 5:48 PM

ciamiszone.com :

MAPOLRES,- Dalam rangka mendukung cipta kondisi kondusif pasca Pilkada 2018, menjelang dan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang terdiri dari Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilhan Presiden (Pilpres), seluruh elemen masyarakat Ciamis mendeklarasikan diri menciptakan Pemilu 2019 damai, aman dan kondusif.

Diprakarsai Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso, jelang pesta demokrasi lima tahunanan Bangsa Indonesia itu guna mencegah, menangkal paham radikalisme dan terorisme di Kabupaten Ciamis sehingga tercipta situasi aman, damai dan kondusif.

Deklarasi yang digelar Polri/TNI dan pemerintah setempat itu dihadiri tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan ormas serta unsur pimpinan pengurus partai politik se-Kabupaten Ciamis, di Mapolres Ciamis, Senin (10/9/2018).

Kapolres Ciamis mengatakan, deklarasi sebagai bentuk mewujudkan Pileg dan Pilpres 2019 nanti aman, damai dan sejuk.

“Kita semua ini saudara, kita wujudkan perdamaian, tidak saling ejek dan tidak saling menjelekan. Karena kita saudara, gunakan hak politik itu dengan bijak dan profesional tanpa ada pelanggaran perundang-undangan,” kata Kapolres.

Pihaknya juga menekankan kepada seluruh elemen di Kabupaten Ciamis termasuk partai politik untuk mewujudkan situasi yang kondusif, damai dan sejuk serta tidak melakukan atau bereaksi menyebar HOAX yang dapat memprofokasi.

Menurut Kapolres, sampai saat ini di Ciamis belum terdetiksi adanya konflik di wilayah hukumnya, sehingga dengan deklarasi sangat terbuka terwujudnya Pileg dan Pilpres 2019 damai dan sejuk.

Deklarasi dibacakan Ketua MUI Kab. Ciamis, KH Ahmad Hidayat, SH diikuti serentak oleh peserta deklarasi. Mereka sepakat akan turut serta  menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif pasca Pilkada 2018 dilanjutkan Pileg dan Pilpes 2019 juga mencegah dan menangkal paham radikalisme serta terorisme di Kabupaten Ciamis.

Deklarasi menyuarakan sejumlah tekad elemen Kabupaten Ciamis yang bertekad untuk menjaga kondosifitas Kantibmas, mentaati semua ketentuan peraturan perundang-undangan, memegang teguh moral dan etika yang bersumber pada nilai-nilaii Pancasila, budaya bangsa dan agama dengan mengutamakan kepentingan umum serta menghormati Hak Asasi Manusia.

Melaksanakan kordinasi yang efektif dengan Polres Ciamis sesuai tingkatannya, terutama terkait pengamalan keamanan proses penyelenggaan Pileg atau Pilpres.

Elemen masyarakat juga ikut berperan serta atas terwujubnya keamanan, ketertiban dan kelancaran penyelengaraan Pileg dan Pilpres di Kabupaten Ciamis dengan cara membantun Polri dalam mengamankan proses hukum bila terjadi peristiwa tindak pidana.

Deklarasi yang ditanda-tangan oleh perwakilan elemen masyarakat Kabupaten Ciamis itu juga bertekad turut mendukung Polri khususnya Polres Ciamis dalam mencegah serta menangkal paham radikalisme dan terorisme yang mengacam tatanan sosial kemasyarakatan.

Dan akan saling menghormati, menghargai satu sama lainnya tanpa memandang sifat dan golongan tertentu, guna terwujudnya persatuan dan kesatuan yang kokoh diantara komponen bangsa di Kabupaten Ciamis. (Andik ST)*

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com