Breaking News

Lepas Adhoc, Tugas Bawaslu Lebih Berat

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Lembaga adhoc Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kini statusnya berubah menjadi permanen dengan istilah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memikul tugas berat menghadapi Pemilu 2019, mulai dari Pileg Kabupaten, Provinsi, Pusat, DPD dan Pilpres.

Demikian diungkapan Ketua Bawaslu Kabupaten Ciamis, Uce Kurniawan, Selasa (18/9/2019) kepada ciamiszone seraya mengakui, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi pemahaman kepada steackholder tentang keberadaan tugas dan kewenangan Bawaslu.

“Terutama kepada organisasi terkait di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan karena Bawaslu kini sudah bertambah kewenangan sehinga harus ditopang oleh organisasi yang kuat dilevel kecamatan,” katanya.

Dijelaskan Uce, proses perubahan adhoc ke permanen cukup panjang dan sangat berat, sehingga Bawaslu kini diberikan tiga kewenangan sekaligus, mulai kewenangan regulasi untuk pengaturan undang-undang, kewenangan pengaturan soal pegawasan dan kewenagan yang paling berat adalah ajudikasi.

“Tugas yang biasanya dimiliki oleh lembaga pengadil yaitu pengadilan, kini dilimpahkan ke Bawaslu yaitu kewenangan untuk memutus persengketaaan diantara para caleg, atau partai politik dengan KPU. Ini perlu disampaikan kepada seluruh steakcholder menjadi sangat penting untuk Bawaslu,” tegasnya.

Uce berharap, dengan perubahan kelembagaan menjadi peranen, dari sisi sinergitas, profesional dan mentalitas harus lebih kuat lagi, dan kedepan akan  ada penguatan di tingat TPS.

Menurut Uce, sebelumnya saat Panwaslu kemarin bertugas hanya mengawasi dua pasangan Calon Bupati dan empat pasang Calon Gubernur.

Tapi sakarang jauh lebih banyak konstestannya, tapi kini jauh lebih banyak kontestan yang harus diawasi, mulai dari ratusan calon legaisatif kabupaten, provinsi, pusat dan DPD. Juga harus mengawasi pelaksanaan Pilpres.

“Kita harus bersiap-siap karena wilayah Kabupaten Ciamis menjadi ranah mereka untuk berkampanye,” tegasnya. (cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments