Home » » Gerakan Indonesia Bersih Sisir Sungai Cimamut

Gerakan Indonesia Bersih Sisir Sungai Cimamut

Written By yun ciamis on 01 October 2018 | 2:27 PM

ciamiszone.com :

CIAMIS,-  Dalam rangka Hari Habitat Dunia (HHD) dan Hari Kota Dunia (HKD), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rayat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai menggelar aksi Gerakan Indonesia Bersih yang dipusatkan di Lapang Birawi Maleber, Kecamatan Ciamis, Senin (1/10/2018).

Sedikitnya 250 orang aktivis berbagai lingkungan, unsur SKPD dan juga masyarakat setempat bergerak menyisir aliran Sungai Cimamut membersihkan sampah-sampah yang bertebaran di sepanjang aliran sungai.

Mewakili Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin, Asisten II Bidang Kesejahteraan, Dr. H. Wasdi Idjudin saat membuka resmi Gerakan Indonesia Bersih mengaku sangat antusias terhadap geakan yang digagas Kementerian PUPR melalui BBWS. 


“Sebelumnya Pemkab juga sudah bergerak melakukan hal serupa di Sungai Cileueur saat peringatan World Cleanup Day pada pertengahan September. Sekarang giliran Sungai Cimamut, semoga dengan aksi turun ke sungai ini menjadikan lingkungan sekitar terbebas dari bencana yang suatu saat bisa terjadi, ini merupakan bentuk kepedulian terhaap lingkungan dan juga antisipasi bencana banjir terutama dimusim penghujan,” katanya.

Sementara Ketua Pelaksana Lapangan, Iwan “Abah” Kustiawan mengatakan, dipilihnya Sungai Cimamut olhe BBWS karena sungai yang melintas tidak jauh dari kawasan Kota Ciamis itu saat ini sangat potensial dengan alirannya yang tidak pernah surut meski di musim kemarau.

“Melihat kondisi sungai yang selalu mengalir, ini perlu diamankan dari sampah-sampah agar sungai terjaga dan lestari,” kata aktivis yang bergerak dibidang lingkungan itu.

Dijelaskannya, selain sejumlah aktivis lingkungan yang ada di Ciamis, Gerakan Indonesia Bersih dengan agenda utama membersihkan sampah dari Sungai Cimamut ini juga melibatkan unsur TNI/Polri, BPBD, SKPD, PDAM Tirta Galuh, Karang Taruna dan Satgas Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BPBD Ciamis bersama warga setempat turun langsung ke sungai. (cZ-01)*

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com