Home » » Warga Ciamis Belum Sadar Miliki IMB Rumah Tinggal

Warga Ciamis Belum Sadar Miliki IMB Rumah Tinggal

Written By yun ciamis on 11 October 2018 | 12:33 PM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Berdasarkan catatan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ciamis, potensi retribusi dari sektor Izin Mendirikan Bangunan (IMB) rumah tinggal tercatat mencapai Rp10 milyar lebih, namun meskipun ditargetkan tahun ini hanya 10% tapi kenyataannya baru terealisasi Rp200 jutaan.

Kabid Perizinan pada DPMPTSP Kab. Ciamis, Drs. Agus Yani, M.Si mengatakan, kendala dalam pencapaian target retribusi IMB rumah tinggal tersebut karena masih kurang sadarnya warga Ciamis untuk memiliki IMB, padahal IMB sangat dibutuhkan oleh warga jika mereka ingin mendapatkan pelayanan masyarakat, seperti dalam pelayanan dari perbankan.

“Selain tetap melakukan sosialisasi, kami juga melaksanakan kerjasama dengan pihak perbankan dan PLN. Bagi mereka yang akan beurusan dengan perbankan IMB menjadi persyaratan, begitu juga untuk pemasangan jaringan baru listrik, IMB juga menjadi persyaratan,” kata Agus Yani, Kamis (11/10/2018).

Menurut Agus, bagi warga yang sudah terlanjur mendirikan bangunan, bisa diproses melalui pemutihan. Proses pembuatan IMB juga bisa dilakukan di kantor kecamatan setempat dengan luas bangunan maksimal 200 meter persegi. Sedangkan bangunan dengan luas diatas 200 meter persegi diproses di kantor DPMPTSP Kab. Ciamis.

Dijelaskannya, meskipun target dari IMB rumah tinggal baru tercapai sekitar Rp200 jutaan, namun sampai bulan ini target keseluruhan DPMPTSP tahun ini Rp1,85 milyar sudah tercapai sekitar 80%, dan dipastikan Desember 2018 sudah tercapai 100%.

“Tahun lalu saja bisa melebihi target, dan tahun ini terus diupayakan melebihi target,” tegasnya.

Diakui Agus, tercapainya target DPMPTSP mayoritas dari IMB sektor usaha, seperti IMB close house (kandang ayam tertutup), perumahan, menara  telekomunikasi, gudang dan pertokoan. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com