Breaking News

Gandeng BNN, FE Unigal Gelar “Save Your Live (SYL) XIV”

ciamiszone.com :

AHMAD DAHLAN,- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi UIVERSITAS Galuh (Unigal) Ciamis menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis menggelar acara “Save Your Life (SYL) XIV” dengan tema “Prevent HIV/AIDS Your Life For Your Future” di SMAN 2 Ciamis, Jalan KH. Akhmad Dahlan, Senin (19/11/2018).

Acara diikuti oleh 130 orang peserta perwakilan siswa SMAN 2 Ciamis.

Ketua Pelaksana Kegiatan BEM FE Unigal Ibrahim Lukmanul Hakim menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya promosi kesehatan khususnya HIV/AIDS dan narkoba kepada generasi muda khususnya pelajar.

Masalah ini tidak bisa ditangani hanya oleh pemerintah saja, namun perlu adanya peran masyarakat termasuk mahasiswa.

Menurutnya, kegiatan seperti ini rutin digelar setiap tahun untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat,  pelajar dan mahasiswa dengan memberikan informasi tentang bahayanya HIV/AIDS dan narkoba.

“Harapannya semoga peserta memiliki kemampuan menolak serta bisa membentengi dirinya sendiri untuk tidak terjerumus, dan peserta dapat menyampaikan kembali informasi yang benar tentang HIV/AIDS dan narkoba kepada yang lainnya,” katanya.

Kepala BNNK Ciamis, AKBP Yaya Satyanagara, S.H., sebagai narasumber yang menyampaikan materi berjudul “Bahaya Lahgun Narkoba dan Upaya Penanggulangannya” menjelaskan, kejahatan narkoba tidak lagi menyasar orang dewasa saja tetapi sudah mencapai anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah.

“Antisipasi sedini mungkin harus dilakukan, sama halnya dengan kegiatan yang digelar saat ini merupakan salah satu upaya pencegahan dini yang di gagas oleh BEM FE Unigal guna melindungi generasi muda dari narkoba dan HIV/AIDS,” katanya.

Menurut Yaya, narkoba yang penggunaannya melalui jarum suntik, bisa sebagai salah satu jalan menularnya HIV/AIDS, hal ini terjadi apabila si pengguna narkoba dengan menggunakan jarum suntik juga mengidap HIV/AIDS akan menular kepada sesama pemakai yang menggunakan jarumnya secara bersamaan.

Dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) pihaknya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama termasuk di dalamnya pelajar dan mahasiswa dalam upaya P4GN dan siap bersinergi dengan pihak manapun untuk menyelamatkan masyarakat khususnya pelajar, generasi muda dari ancaman narkoba.

“Untuk itu diperlukan komitmen bersama dari semua pihak untuk menanggulangi masalah narkoba ini,’ pungkasnya. (cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments