Breaking News

Bupati, “Kumandangkan Lagu Kebangsaan Sebelum Belajar”

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Saat ini perlu adanya upaya peningkatan wawasan kebangsaan dan ketahanan bangsa, nilai empat konsesnsus kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI harus digali dan digelorakan kembali. Salah satu contohnya adalah mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya di sekolah-sekolah dan pesantren sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.

Demikian diungkapkan Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin dalam sambutan kegiatan Peningkatan Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Bangsa tahun 2018 yang digelar Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Ciamis di The Priangann Hotel, Senin (10/12/2018).

Dalam sambutan yang dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan, H. Adang Darajat itu, Bupati berharap selain mengumandangkan lagu kebangsaan secara serempak juga dengan sarana yang ada agar dibuatkan tulisan butir-butir Pancasila yang dipasang di taman-taman sehingga akan tercipta Taman Pancasila.


Dijelaskannya, hal tersebut sebagai bagian dari upaya peningkatan wawasan kebangsaan dan ketahanan bangsa, sehingga seluruh komponen dan elemen bangsa tidak hanya sekedar memahami empat konsensus kebangsaan tapi mereka juga dapat merasakan manfaatnya dalam kehidupan bermasyarakat.

Menurut Bupati, identitas bangsa sebagai suatu bangsa betul-betul sedang diuji, kebebasan mengakses informasi diera globalisasi ini telah mengantarkan Bangsa Indonesia menjadi sebuah bangsa yang terbuka, berbagai macam nilai, paham, ideologi bangsa, begitu mudahnya masuk pada keseharian hidup generasi muda dan masyarakat melalui media elektronik.

“Namun sangat disayangkan kemudahan mengakses informasi tersebut tidak disertai dengan kemampuan memilih dan memilah, sehingga informasi yang diperoleh langsung diadopsi begitu saja tanpa melalui proses seleksi dan penyaringan yang memadai, sehingga hal ini tentu menjadi keprihatinan kita semua,” tegasnya.

Sementara Kepala Kesbangpol Kab. Ciamis, H. Andang Firman mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan yang bertemakan peningkatan wawasan kebangsaan dan ketahanan bangsa kita wujudkan pelajar dan generasi muda Kabupaten Ciamis memiliki karakter kebangsaan ini untuk memberikan pemahaman dan penerapan tentang nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari serta meningkatkan kesadaran dan tanggungjawab selaku warga negara dalam kehidupan bermasyarakat.

“Peserta sedikitnya mencapai 100 orang terdiri dari perwakilan sekolah SMA yang ada di wilayah Ciamis Kota, pengurus Karang Taruna Kabupaten dan KNPI,” katanya.

Andang berharap, melalui kegiatan tersebut pelajar dan generasi muda Ciamis lebih tumbuh rasa cinta tanah air, rasa memiliki terhadap bangsa dan negara, serta menghormati dan menghargai perbedaan serta mengaja persatuan dan kesatuan bangsa.

“Selain itu juga untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan karakter bangsa di kalangan pelajar dan generasi muda,” katanya. (cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments