Breaking News

Exhibition 2018, Miniatur yang Harus Dikembangkan di Kecamatan

ciamiszone.com :

JLN. KOPERASI,- Saat pembukaan Exhibition 2018 atau Gelar Potensi Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Ketua Panpel, Andy Ali Fikri menegaskan, Eshibition 2018 ini merupakan miniatur gelar potensi yang harus dan bisa ditiru atau dilaksanakan oleh warga Karang Taruna di tingkat kecamatan.

Dihadapan Assisten Bidang Pemerintahan, H. Adang Darajat, Ketua Komisi IV DPRD Ciamis, Hendra S. Marcusi dan tamu undangan lainnya, Andy mengakui, kedepannya setiap kecamatan harus mampu melaksanakan gelar potensi yang sama dengan peserta dari desa masing-masing.

“Hasil gelar potensi di timgkat kecamatan nantinya akan dipamerkan di tingkat kabupaten seperti saat ini,” katanya.

Selain menggelar sejumlah potensi yang ada di 27 kecamatan di Ciamis, Exhibition 2018 ini juga menggelar berbagai pelatihan untuk warga Karang Taruna, diantaranya pelatihan siaga bencana untuk memberikan pemahaman agar tetap siaga ketika terjadi bencana.

Kemampuan tanggap bencana ini nantinya bisa kermbali ditularkan kepawa warga Karang Taruna dengan harapan harus mampu dan bisa menjadi pionir ketika terjadi bencana yang mengancam warga sekitarnya.

Untuk lebih mengetahui kiprah Karang Taruna sebagai organisasi sosial kemasyaratan, digelar juga pelatihan keorganisasian untuk menertibkan administrasi secara kelembagaan Karang Taruna.

Selain itu digelar pula pelatihan UMKM dengan menggandeng Forum Bumdes Kab. Ciamis yang akan menjelaskan bagiamana cara melakukan kemasan produk, branding, sampai ke marketing.

Untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman, warga Karang Taruna juga harus melek informasi yang akan diwahadi oleh Media Center, diantaranya akan diberikan pelatihan Informasi Teknologi (IT) dan pelatihan jurnalistik.

Di mini hall area Exhibition 2018 juga akan digelar pelatihan Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat (PIKM), pembentukan PIKM Karang Taruna dan lounching Duta Nonoman yang sebelumnya diberikan pelatihan informasi dasar HIV-AIDS.

Bupati Ciamis melalui Ass. Bidang Pemerintahan, H. Adang Darajat mengapresiasi Exhibition 2018 ini, bahkan Adang berharap exhibition menjadi agenda tahunan yang digelar Karang Taruna disesuiakan dengan kondisi cuaca.

Menurut Adang, potensi di Ciamis cukup banyak sehingga jika kegiatan seperti ini teragendakan tidak menutup kemungkinan sangat membantu menggali potensi yang ada di 27 kecamatan di Ciamis.

Selanjutnya, Adang mewakili Bupati Ciamis membuka resmi Exhibition 2018 Gelar Potensi Karang Taruna Kabupaten Ciamis yang secara simbolis menggunting pita untuk selanjutnya berkeliling meninjau stand-stand Karang Taruna.

Exhibiton 2018 akan berlangsung sampai 6 Januari 2019, tidak menutup kemungkinan jiika diperlukan bisa diperpanjang sampai 8 Januari 2018. (cZ-01)*   

Post a Comment

0 Comments