Breaking News

Jelang Tahun Baru Tak Ada Formalin dan Jangan Menimbun

ciamiszone.com :

PASAR MANIS,- Dalam sidak harga sembako menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, petugas gabungan Satgas Pangan Polres Ciamis, Kodim 0613 Ciamis, Disperindag, Dinas Kesehatan, dan Dinas Peternakan Kabupaten Ciamis di Pasar Manis tidak menemukan bahan makanan yang mengandung kimia berbaya seperti formalin.

Selain memeriksa ketersediaan bahan pokok dan harga sembako, petugas pun sempat memeriksa dan menguji bahan makanan seperti mi golosor, mi basah dan bakso yang dicurigai mengandung bahan kimia berbahaya seperti formalin.

“Setelah dilakukan pengecekan terhadap tiga sampel bakso, mi golosor dan mi basah, hasilnya ternyata negatif, aman dikonsumsi. Kalau ditemukan positif tentunya akan ditindaklanjuti,” kata Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso disela sidak di Pasar Manis Ciamis, Jumat (14/12/2018).

Kapolres mengingatkan kepada para pedagang atau distributor untuk tidak melakukan praktik penimbunan barang yang tujuannya untuk mempermainkan harga.

“Kalau ditemukan ada yang melakukan penimbunan barang dengan tujuan untuk mempermainkan harga, itu masuk praktik kesengajaan maka akan kami tindaklanjuti dan tindak tegas,” katanya.

Setelah melakukan sidak, Kapolres juga memastikan amannya ketersediaan berbagai komoditas bahan pokok yang dijual para pedagang di Pasar Manis Ciamis, seperti stok beras, daging, sayuran dan lainnya dapat memenuhi kebutuhan momen liburan akhir tahun.

“Kesimpulannya ketersediaan bahan pokok di Pasar Manis Ciamis aman dan cukup menjelang akhir tahun ini,” tegasnya.

Menurutnya, harga-harga sembako di Pasar Manis Ciamis cenderung stabil dan tidak ada kenaikan yang signifikan. Daging sapi Rp120 ribu per kilogram, daging ayam Rp40 ribu per kilogram yang sejak dua minggu lalu sempat mengalami kenaikan dari Rp38 ribu. Sedangkan harga sayuran cenderung fluktuatif. 

“Untuk harga-harga relatif stabil, yang naik minggu ini telur dari Rp21 ribu menjadi Rp25 ribu itu masih wajar. Kenaikan ini terjadi karena masalah pakan menyusul harga jagung naik dan kemungkinan tidak akan naik lagi,” pungkasnya. (Andik ST)*

Post a Comment

0 Comments