Breaking News

KPU Ciamis Ajak Pers Capai Target Partisipasi Massa Minimal 80%

ciamiszone.com :

JENDSUD,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis berharap keberadaan pers di Ciamis mampu membantu dalam pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan yang akan digelar 17 April 2019 mendatang berjalan sukses tanpa ekses dan berintegritas.

Bahkan melalui bantuan insan pers, target KPU Ciamis untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pillpres dan Pileg mendatang minimal 80% optimis terwujud.

Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU Kab. Ciamis,  Dr. H. Agus Fatah Hidayat, S.IP, M.Si. dalam acara silaturahmi komisioner KPU Kab. Ciamis dengan insan pers Ciamis, di Aula KPU Ciamis, Jalan Jendral Sudirman, Selasa (12/02/2019).

“Kami harap pers ikut mendukung Pemilu sukses tanpa ekses dan berintegritas, karena pers selain sebagai pilar keempat demokrasi  juga sebagai penjaga integritas di dunia politik,” katanya.

Dijelaskan Agus, sosialisasi melalui karya-karya jurnalistik sangat membantu penyampaian informasi seputar Pemilu kepada masyarakat, sehingga masyarakat paham yang nantinya ikut mendongkrak tingkat partisipasi di Ciamis.

“Dalam Pilkada 2018 tingkat partisipasi masyarakat mencapai 78,41%, sementara KPU RI dalam Pilpres dan Pileg 2019 menargetkan 77,50%. Meskipun Pilkada 2018 sudah melebihi target pusat, tapi kami berharap partisipasi masyarakat di Ciamis terus meningkat hingga minimal mencapai 80%,” jelasnya.

Menurut Agus, untuk mencapai target tersebut, KPU melakukan sosialisasi dengan berbagai cara, mulai bertatap muka dengan sejumlah stakeholder, pencetakan alat peraga, sampai sosialisasi melalui media sosial bahkan merekrut relawan demokrasi untuk menemui langsung sejumlah basis.

Sementara Ketua Persatuan Wartawan Iindonesia (PWI) Kab. Ciamis, Deni Hamdani menyambut baik langkah KPU yang menggandeng wartawan Ciamis dalam mensuskseskan Pemilu 2019.

“Ini sudah kewajiban kami sebagai jurnalis dalam mensukseskan Pemilu, selama ini tanpa ada permohonan atau pun pemintaan KPU pun kami sudah bergerak melakukan sosialisasi melalui sejumlah karya-karya kami, seperti halnya para caleg yang turun langsung ke lapangan,” katanya.

Deni pun berharap, pertemuan insan pers dengan komisioner KPU bisa terus berlanjut untuk bertukar informasi seputar perkembangan Pemilu 2019 dan tidak harus secara resmi.

Hal senada diungkapkan Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Galuh Raya, Yopi Andreas yang berkomitmen mendukung terselenggaranya Pemilu 2019 di Ciamis berjalan lancar berintegritas dan sukses tanpa ekses.

Bahkan IJTI berharap, keterbukaan KPU dalam setiap pergerakannya di lapangan untuk terus terpantau, sehingga tidak ketinggalan informasi.

“Jurnalis televisi itu perlu gambar, jadi jika kami ketinggalan informasinya kami kesulitan mendapatkan gambar. Jadi mohon informasi terbaru terus mengalir ka pihak kami,” katanya. (cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments