Breaking News

Susu Dihargai Rp75/Lembar, KPU Mulai Sortir Lipat

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Lima puluh hari lagi menjelang pesta demokrasi Pileg dan Pilpres 2019, KPU Kabupaten Ciamis mulai melakukan proses sortir lipat surat suara (susu) yang dipusatkan di Gedung di Gedung Graha Ayu, Jalan Yos Sudarso, Ciamis, Selasa (26/02/2019).

Ketua KPU Kab. Ciamis, Dr. H. Agus Fatah Hidayat, S.IP, M.Si. mengakui, kebutuhan surat suara untuk Kabupaten Ciamis mencapai 4.801.552 lembar yang melibatkan 600 pekerja untuk melakukan pelipatan selama 15 hari kedepan.

Sebanyak 4.801.552 lembar surat suara tersebut terdiri dari surat suara Pilpres dan DPD RI masing-masing sebanyak  958.710, surat suara untuk caleg DPR-RI 959.710 lembar, DPRD Dapil Jabar XIII 959.710 lembar dan untuk caleg DPRD Kab. Ciamis sebanyak 964.712 lembar.


Dijelaskannya, jumlah tersebut sesuaikan kebutuhan berdasar dari jumlah hak pilih sebanyak 939.911 ditambah 2% dan tambahan cadangan 1000 lembar untuk masing-masing dapil bagi bagi DPR RI, Jabar XIII dan DPRD Kabupaten Ciamis.

Menurut Agus, untuk hari pertama para pekerja melakukan pelipatan surat suara untuk DPR RI Dapil X sebanyak 959.710 lembar dengan harapan bisa selesai dalam tiga hari.

“Upah mereka untuk setiap lembaran yang dilipat senilai Rp75, dan kami berharap dalam tiga hari bisa selesai untuk setiap dapilnya, jadi kami memerlukan 15 hari termasuk surat suara Pilpres harus sudah selesai,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan langsung di lokasi sortir lipat, sampai Selasa siang kurang dari 50 lembar sudah dinyatakan rusak karena ada kelainan tidak sesuai surat suara yang sempurna. Dari jumlah tersebut mayoritas kerusakan pada hasil pemotongan surat suara yang tidak lurus.

Dijelaskan Agus, pihaknya sudah menginstruksikan kepada para pekerja sortir lipat agar memisahkan surat suara yang diragukan, termasuk adanya ceceran tinta, tinta tembus dan juga pemotongan yang tidak sempurna.

“Surat suara hasil sortir yang dinyatakan rusak atau diragukan, nanti kami kumpulkan dan akan dihitung untuk selanjutnya ditindaklanjuti. Yang jelas jika rusak tidak akan kami gunakan,” tegasnya. (cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments