Breaking News

Catatan untuk HY, Menunggu “Sejahtera untuk Semua”

Oleh: Yun Guanawan

ciamiszone.com :

DILANTIKNYA Herdiat Sunarya dan Yana D. Putra (HY) sebagai Bupati Ciamis dan Wakil Bupati Ciamis periode 2019-2024 di Gedung Sate Bandung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Sabtu (20/04/2019) menjadikan angin segar bagi perkembangan Kabupaten Ciamis yang tercatat dalam sejarah, periode sekaranglah benar-benar Ciamis dipimpin putra daerah terbaik yang sebelumnya berkarir di Bumi Tatar Galuh.

Sesuai visinya “Mantapnya Kemandirian Ekonomi, Sejahtera Untuk Semua” yang akan dijabarkan HY melalui enam misinya yaitu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), meningkatkan ketersediaan infrastruktur yang mendukung pengembangan wilayah, mengembangkan perekonomian yang berbasis ekonomi kerakyatan,  potensi unggulan lokal, dan pemberdayaan masyarakat.

Dan tiga misi HY berikutnya yaitu, meningkatkan kualitas dan daya dukung lingkungan hidup untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efesien, dan memperkuat otonomi desa dalam rangka mewujudkan kemandirian masyarakat desa.

Untuk mencapai visi tersebut, peningkatan kualitas SDM menjadi misi pertama yang menjadi porioritas sehingga sektor pendidikan dan edukasi lainnya harus “digenjot” dengan memberikan berbagai kemudahan untuk mendapatkan fasilitas pendidikan hingga tidak ada lagi warga Ciamis yang sulit mengenyam pendidikan.

Tidak dipungkiri, pendidikan adalah modal utama dalam pembangunan, terutama dalam pendidikan karakter kejujuran sebagai landasan dalam mencapai mantapnya kemandirian ekonomi, sehinga terwujud sejahtera untuk semua sebagai visi HY lima tahun kedepan akan memberikan kenyamanan hidup warga Tatar Galuh.

Euforia kemenangan HY dengan klimaknya di palantikan hari ini membius apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang lima tahun kedepan, akan jadi apa mereka? mau berbuat apa mereka? meningkatkah SDM mereka? dan akan sejahterakah mereka?

Harapan visi untuk membuat rasa nyaman warga Tatar Galuh dengan menciptakan kesejahteraan untuk semua tidak semudah membalikan telapak tangan, dan akan menjadi PR besar bagi HY.

Kerinduan kenyamanan melalui kesejahteraan adalah harapan yang harus direalisasikan HY, kemudahan mendapatkan pendidikan dan pelayanan kesehatan yang dijanjikan serta ketersediaan lapangan pekerjaan adalah sebuah asa yang ditunggu realisasinya.

Secara umum, merealisasikan visi HY lebih menitikberatkan pada sektor ekonomi, terutama di pedesaan dengan mengedepankan muatan lokal, disamping itu keberadaan aparatur juga akan menjadi kunci realisasi, karena dengan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efesien akan lebih memudahkan pengawasan.

Para pengelola pemerintahan inilah yang harus terus diedukasi hingga mereka benar-benar mengerti apa yang diinginkan HY sebagai rasa tanggungjawab terhadap mayoritas warga Tatar Galuh yang memilihnya dalam Pilkada serentak 2018 lalu.

HY sangat tepat menempatkan peningkatan SDM menjadi misi utamanya, bukan hanya untuk warga tetapi juga peningkatan SDM aparatur agar mereka lebih paham, bagaimana mengelola pemerintahan dalam melayani masyarakat sesuai harapan HY.

Dengan kemajuan teknologi, masyarakat semakin cerdas mengkritisi jalannya pemerintahan melalui gadgetnya, keterbukaan publik sangat dibutuhkan agar sosial kontrol terbebas dari Hoax dan mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Selamat bertugas HY... Selamat menjalankan amanah warga Tatar Galuh yang menunggu kesejahteraan untuk semua.***

Post a Comment

0 Comments