Breaking News

Jurus Pamungkas Sosialisasi, KPU Turunkan 30 Ribuan Anggota KPPS

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Sebanyak 30.534 orang anggota Kelompok  Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di 4.362 TPS diterjunkan KPU untuk mengawali tugasnya melakukan penyerahan formulir C-6 sebagai surat undangan kepada pemilih agar hadir ke TPS masing-masing. 

Selain itu mereka juga diwajibkan bertemu langsung dengan hak pilih dan mensosialisasikan Pemilu 2019.

Ketua KPU Kab. Ciamis,  Dr. H. Agus Fatah Hidayat, S.IP, M.Si. mengakui, terjunnya anggota KPPS itu merupakan jurus pamungkas KPU melakukan sosialisasi kepada hak pilih.

“Selain harus memastikan kehadiran hak pilih ke TPS, anggota KPPS juga harus memberikan pemahaman tata cara pemcoblosan, mengingat Pemilu 2019 ini selain untuk memilih anggota legislatif dengan empat lembar surat suara, juga ada satu surat suara Pilpres. Jadi seluruhnya hak pilih akan menerima lima surat suara dengan ukuran yang cukup besar,” katanya, Selasa (09/04/2019) di kantornya, Jalan Jendral Sudirman Ciamis. 

Didampingi seluruh komisioner lainnya, Agus berharap, turunnya anggota KPPS mampu memberikan pemahaman kepada hak pilih yang nantinya bisa mendongkrak tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019 di Kab. Ciamis yang ditagetkan bisa mencapai 80 persen.

“Ini bisa dikatakan sosialisasi terkahir yang sudah mendekati hari H pencoblosan. Petugas KPPS diharapkan langsung berhadapan dengan hak pilih, jadi nanti tidak ada lagi C-6 yang dititipkan ke tetangganya,” tegasnya.

Menurut Agus, pelaksanaan pencoblosan bisa menyita waktu sampai tengah malam, mengingat proses perhitungan suara yang begitu banyak mulai dari suara caleg DPRD Kabupaten, Propinsi, Pusat, DPD dan perhitungan surat suara Pilpres.

“Dalam simulasi pemungutan dan perhitungan suara di Panjalu beberapa waktu lalu bisa tuntas pukul 24:00, itu satu TPS dari jumlah DPT 220 dan yang hadir sebanyak 194 hak pilih. Jadi tidak menutup kemungkinan bisa sampai pagi bagi DPT yang mencapai 300 orang dan hadir semua,” katanya seraya mengakui, petugas KPPS jangan khawatir terbatasnya waktu karena untuk perhitungan ada tambahan waktu 12 jam, terhitung pukul 00:00. (cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments