Breaking News

Malam Ini Bawaslu Bersihkan APK Pemilu 2019

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Sesuai ketentuan terhitung Minggu (14/04/2019) adalah hari tenang sampai pelaksaan pencoblosan Rabu (17/04/2019), Bawaslu dengan tim khusus yang melibatkan seluruh unsur terkait akan melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) di wilayah Kabupaten Ciamis.

“Agenda Bawaslu malam ini mulai pukul 00.01 bergerak melaksanakan penertiban, mudah-mudahan cuaca bersahabat sehingga berjalan sesuai waktu,” kata Komisioner Bawaslu Kab. Ciamis, yang juga Kordinator Divisi Penindakan Pelanggaran, Fanny Dwiriantini, Sabtu (13/04/2019).

Didampingi Komisioner lainnya, Syamsul Maarif (Koordiv Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga), menurut Fani, tim gabungan tersebut sebelumnya akan menggelar apel siaga terlebih dahulu sambil menunggu waktu lewat pukul 00.00 WIB.


Tim yang akan bergerak selain Bawaslu dan KPU, juga melibatkan Polres Ciamis, Kodim 0613, Satpol PP, Dishub, Organda, Dinas Penanaman Modal, Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kab Ciamis dan juga Panwascam Ciamis.

Dijelaskan, terkait masa tenang Bawaslu juga mengimbau kepada peserta Pemilu 2019 untuk melakukan penertiban APK. Jika sampai 13 April 2019 pukul 24.00 masih ditemukan APK yang masih terpasang, maka Bawaslu akan melakukan penertiban secara serentak bersama stakholder terkait.

Masa Tenang ini berdasar pada UU No 7/2017, PKPU No. 23/2018 tentang tahapan kampanye dan juga Peraturan Bawaslu RI No. 28 tentang Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilihan Umum, sehingga peserta Pemilu selain diimbau untuk menertibkan APK juga dilarang menjanjikan atau memberikan imbalan kepada pemilih untuk tidak menggunakan hak pilihnya atau pun memilih pasangan calon presiden, partai peserta Pemilu tertentu, caleg atau pun calon anggota DPD.

“Aturan tersebut mengamanatkan akhir masa kampanye selesai tanggal 13 April 2019 dna memasuki masa tenang, karena pemasangan APK merupakan bagian dari metode kampanye jadi sudah seharusnya pada 14 April 2019 tidak ada lagi APK,” katanya. (cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments