Breaking News

Bupati Minta Warga Tetap Pertahankan Budaya Sunda

ciamiszone.com :

KAWALI,-  Dalam rangkaian menyambut Hari Jadi Ciamis ke-377 Tahun 2019, Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya melakukan ziarah ke makam lelulur Tatar Galuh Ciamis, diawali ziarah ke makam Raden Adipati Arya Panji Jayanegara (Bupati Galuh 1636-1678) di Makam Ciwahangan Imbanagara dan berakhir di Makam Astana Gede Kawali, Senin (10/06/2019).

Bersama Wakil Bupati Ciamis, Yana D, Putra dan unsur Forkopimda yang disambut dengan berbagai kreasi seni budaya sunda, Bupati berharap warga Tatar Galuh mampu mempertahankan Budaya Sunda.

“Saya ucapkan terimakasih atas sambutan warga yang dengan antusias mengikuti rangkaian peringatan Hari Jadi Ciamis ke-377, apalagi dalam ziarah ke para leluhur Ciamis yang disambut dengan nuansa Sunda, baik seni tradisi maupun bahasa yang digunakan. Untuk itu saya berharapa warga Ciamis mampu mempertahakan Budaya Sunda, harus ngamumule Budaya Sunda, siapa lagi kalau bukan kita sebagai orang Sunda,” katanya.



Sebagai putra daerah Kawali, Bupati merasa bangga karena adat budaya Sunda masih bisa dipertontonkan diakhir rangkaian ziarah ke makam para leluhur Tatar Galuh.

Sebelumnya Bupati dan romobongan berangkat dari Pendopo Ciamis menuju makam Ciwahangan Imbanagara untuk berziarah ke makam Bupati Galuh, Raden Adipati Arya Panji Jayanegara yang memerintah tahun 1636-1678, dilanjutkan ke makam Cigadung masih di  Imbanagara berziarah ke makam Bupati Galuh, Raden Tumenggung Wiradi Kusumah (1814-1819).

Leluhur lainnya yang disinggahi ziarah oleh rombongan Bupati Ciamis, yaitu makam Bupati Galuh 1839-1886, Raden Adipati Arya Kusumadiningrat yang berada di kawasan Situs Budaya Jambansari Selagangga.

Sebelum bertolak ke Astana Gede Kawali, makam leluhur yang masih berada di wilayah Ciamis Kota yanmg dikunjungi rombongan yaitu makam Bupati Galuh ke-17 (1886-1914), Raden Adipati Arya Kusumah Subrata di Makam Gunung Sukasirna Ciamis. (cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments