Breaking News

Bupati, “Potensi Budaya Ciamis Ketinggalan dalam Pengemasan”

ciamiszone.com :


BILLBOARD,- Kebanggaan Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya terhadap potensi alam pariwisata dan seni budaya di Tatar Galuh terwujud dengan digelarnya Pesona Galuh Nagari dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke 377 yang menampilkan berbagai seni budaya, koreografi dan kalaborasi seni persembahan Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, di kawasan Billboard, Alun-alun Ciamis, Sabtu (30/06/2019) malam.

Pagelaran seni yang bertajuk Pesona Galuh Nagari tersebut melibatkan sejumlah tokoh seni dan budayawan Ciamis, seperti Godi Suwarna, Neng Peking dan para penggiat seni budaya lainnya.

Pesona Galuh Nagari diwarnai juga dengan hiburan lawak Pohang itu mampu membius ribuan penonton tidak beranjak dari tempatnya, bahkan rombongan Bupati, Wakil Bupati dan Forkopimda serta sejumlah pejabat SKPD pun menikmati acara sampai tuntas.



Dalam sambutannya, Bupati Ciamis mengakui, dibalik potensi luar biasa yang dimiliki Ciamis itu masih terdapat kekurangan dalam pengemasannya. Meskipun demikian, pihaknya mengajak agar masyarakat Ciamis wajib melestarikan dan menjaganya, terutama seni biudaya  warisan leluhur Tatar Galuh.

“Malam ini kita melihat pagelaran seni yang ada di Tatar Sunda. Potensi seni budaya Ciamis sangat luar biasa, tidak tertinggal oleh bangsa lain, bahkan kita memilliki ciri khas keunikan yang luar biasa pula. Tapi kita ketinggalan dalam pengemasan, dalam membranding, dalam teknologi, kostum atau pun lighting. Jika kita bisa mengemasnya dan mempromosikan semaksimal mungkin, nantinya bakal mampu menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara,” jelasnya.

Namun, Bupati meyakini, di tangan-tangan penggiat seni budaya yang ada di Tatar Galuh, kekurangan tersebut mampu teratasi sehingga muncul sesuai harapan dan mampu menyedot wisatawan.

“Saya yakin, seni budaya dengan ide potensi yang kita miliki bisa dikebangkan dalam meningkatkan lanju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Ciamis. Mari kita sama-sama mebangkitkan kebudayaan, membangun dan menegakan kejayaan Kerajaqan Galuh sesuai dengan prasasti di Astana Gede Kawali,” tegasnya.


Dalam kesempatan tersebut Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada semua masyarakat Tatar Galuh, terutama kepada para seniman yang sudah mendukung dan memeriahkan Hari Jadi Ciamis ke 377 tahun 2019.

“Saya juga ucapkan terimakasih kepada stasiun televisi swasta nasional SCTV yang sudah menghibur masyarakat Ciamis dengan mendatangkan artis-artis ibukota,” katanya.

Ditempat terpisah, Kabid Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Budi Kuirnia menjelaskan, Galuh Nagari adalah bentuk apresiasi terhadap kebesaran Kerajaan Galuh dimasa lalu, namun masih dimiliki dimasa kini.

“Kehidupan alam Galuh dan budayanya merupakan kebanggaan yang harus kita jaga dan kita lestarikan. Kebesaran Kerajaan Galuh memilkiki arti bagi kita semua, bahwa Galuh merupakan sebuah kerajaan yang menyebarkan peradaban hingga ke Sunda Kecil (Bali), hingga adanya masyarakat Galuh Agung (Nusantara) dan harum kembali saat Adipati Aria Kumumahdiningrat 1839-1879 M yang membawa Galuh menuju kemakmuran,” katanya.

Menurut Budi, secara objektif Pesona Galkuh Nagari memiliki nilai kreatifitas, komersial dan komunikasi serta komitmen Pemerintah Daerah dalam pengembangan pariwisata daerah dengan target peningkatan wisatawan, hunian hotel serta peningkatan dibidang jasa pariwisata. (cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments