Breaking News

Gentong Padat, Arus Balik Diarahkan ke Tol Cipali

ciamiszone.com :

SINDANGKASIH,- Sebagai titik pengalihan arus balik di wilayah jalur selatan Jalan Nasional 3, jajaran Polres Ciamis melakukan rekayasa lalulintas jika terjadi kepadatan di wilayah Gentong, Malangbong atau pun Limbangan.

Pengalihan arus balik tersebut dilakukan di kawasan Alun-alun Ciamis, setiap pemudik diarahkan ke Tol Cipali, mereka dibelokan ke arah Kawali, Panawangan menuju Cikijing dan belok kiri ke Majalengka Kota terus ke Kadipaten dan lurus ke pintu Tol Cipali.

Hal itu diungkapkan Wakapolres Ciamis, Kompol Lalu Wira Sutriana saat melakukan pemantauan arus balik di Pos Pam Sindangkasih, Sabtu (08/06/2019) sore.

Menurut Wakapolres, selain mengalihkan arus dari alun-alun Ciamis ke jalur utara, jajaran Polres Ciamis juga sudah menyiapkan beberapa urutan tindakan yang disiapkan, seperti dari Pos Pam Sindangkasih terpantau terjadi kepadatan di wilayah Gentong yang mengekor dan tidak bergerak maka antisipasinya arus balik dari timur diarahkan ke Tasik Kota selanjutnya ke Singaparna menuju Garut Kota.


Dijelaskan Wakapolres, rekayasa lalulintas tersebut dilakukan untuk membantu jajaran Polres Tasikmalaya Kota untuk kerlancaran di kawasan Gentong dan jajaran Polres Garut dalam memperlancar arus balik di kawasan Malangbong dan Limbangan.

“Hari Sabtu ini bisa dikatakan merupakan puncak arus balik karena para pemudik mempersiapkan aktifitasnya yang akan dimulai Senin depan. Dan sesuai perintah pimpinan kami menjalankan skenario rekayasa lalulintas demi kelancaran arus balik,” katanya.

Menyinggung rekayasa lalulintas khusus pengendara lokal, pihaknya sudah mempersiapkan sejumlah Pos Pam dan Gatur, mulai dari Cihaurbeuti, Sukamulya, Sidangkasih, Simpang Kujang, Pasar Imbanagara, Pos Pam Alun-alun Ciamis, Cijeungjing dan simpang Cisaga.

Wakapolres mengimbau kepada pemudik agar tetap menjaga stamina saat berkendara dan mematuhi rambu lalulintas serta mengikuti arahan para petugas di lapangan.

“Jalan Raya Ciamis sebagai jalan nasional 3 kondisinya cukup mulus dan lurus, sehingga dibutuhkan stamina kuat bagi pengendara. Jangan sampai berkendara dalam keadaan lelah, jadi diwajibkan beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan. Patuhi petugas kami di lapangan sebagai panduan arus balik,” tegasnya. (Andik ST)*

Post a Comment

0 Comments