Breaking News

Pasar Ciamis Terbakar, Dalam Satu Jam 13 Kios Hangus

ciamiszone.com :


PASAR MANIS,- Dipastikan sebanyak 13 kios di dalam Pasar Manis Ciamis tepatnya Blok B yang mayoritas pedagang pakaian, hangus terbakar setelah si jago merah beraksi mulai pukul 18.00 Selasa (25/02/2019) petang.

Namun atas kesigapan petugas Damkar yang mengerahkan tiga unit Damkar milik Pemkab Ciamis, dibantu dua unit dari Tasikmalaya dalam satu jam berhasil menjinakan api yang masih diduga berasal dari konsleting listrik itu.

Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya didampingi Wakil Bupati, Yana D. Putra dan juga Ketua DPRD Ciamis, H. Nanang Permana sempat terjun langsung ke lokasi kejadian dan mengimbau massa agar tetap tenang.

Kebakaran yang terjadi selepas adzan magrib itu tidak pelak menjadi tontonan warga yang memenuhi lokasi kejadian yang sampai membludak ke area Terminal Ciamis.


Sementara sejumlah pemilik kios lainnya yang berada di pinggir jalan sibuk mengeluarkan barang-barangnya ke badan jalan untuk diamankan agar terhindar dari kemungkinan api menyebar ke kios-kios mereka.

Kabid Damkar Ciamis, Dudung Wahyu mengakui, petugasnya dibantu BPBD Kab. Ciamis dan Kota Tasik serta dua unit Damkar dari Tasik itu mampu menjinakan api dalam satu jam.

“Alhamdulillah dalam satu jam kami berhasil memadamkan api, tapi saat ini petugas terus di lapangan dan damkar pun tetap standbye karena masih dalam pendinginan. Api sudah dikuasai tapi pendinginan terus berjalan,” katanya.


Dijelaskan Wahyu, dalam penanganan kejadian ini anggotanya secara gotong royong dibantu Tim Pusdalops BPBD Kab. Ciamis, temasuk TNI/Polri dan masyarakat.

“Tak ada kendala berarti dalam penanaganannya, namun terhalang masyarakat saja yang semakin lama semakin membludak, hingga menyulitkan armada masuk ke lokasi,” tegasnya.

Sampai berita ini diturunkan, penyebab pasti kebakaran masih dalam penanganan pihak Polres Ciamis dan nilai kerugian pun belum bisa diketahui, namun dipastikan mencapai ratusan juta rupiah, mengingat sejumlah korban baru saja belanja memenuhi barang-barang dagangannya yang hangus terbakar.

Diperoleh keterangan dari Pusdalops PB BPBD Kab Ciamis, ke-13 kios tersebut masing-masing milik H Oba (4 kios), Erwin (2 kios), Muin (1 kios) Uun/kontrak padang (1 kios), Uun Kaki Lima (1 kios), Wahyu (2 kios) Tuti (2 kios).

Menurut Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis, Ani Supiani, dari ke-13 kios tersebut hanya empat kios milik Wahyu dan Tuti yang barang-barangnya sempat terselamatkan, sehingga tidak terbakar si jago merah.

Dijelaskannya, tidak ada korban dalam kejadian tersbeut namun, dilaporkan dua warga mengalami syok sehingga harus dilarikan ke RSU Ciamis untuk ditangani lebih lanjut. (cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments