Breaking News

Dari Festival Ternak dan Ikan, Bupati, “Cari Solusi Stabilkan Harga”

ciamiszone.com :


RAJADESA,- Sejumlah peternak di Kabupaten Ciamis  berkumpul di Lapang Wirabaya Desa Rajadesa, Kecamatan Rajadesa untuk mengikuti Festival Ternak dan Ikan yang digelar dua hari (Rabu-Kamis/10-11 Juli 2019). 

Festival yang dibuka resmi oleh Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya itu juga diwarnai dengan lomba domba catwalk, Rabu (10/07/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis mengakui, banyak hikmah yang bisa diambil dari festival ternak dan ikan, diantaranya disamping sebagai ajang silaturahmi juga diharapkan dapat saling bertukar pikiran dan pengalaman terkait kondisi peternakan dan perikanan.

“Apalagi saat ini kondisi peternakan sedang mengalami penurunan, terutama peternak ayam dengan penurunan harga yang luar biasa harus menjadi pemikiran kita semua, terutama di dinas teknis,” katanya.


Untuk mengatasi hal itu supaya tidak ada yang dirugikan, pemerintah berkewajiban ikut serta memikirkan bagaimana menstabilkan harga-harga ternak tersebut.

“Kondisi saat ini yang memang sedang mengalami penurunan harga utamanya di sektor ternak ayam broiler,” tegasnya.

Dijelaskan Bupati, saat ini ternak ayam broiler memang over produksi sehingga harga-harga di petani anjlok,  tetapi harga di pasar masih tetap stabil.

“Ini bukti adanya intervensi pemerintah untuk bisa membantu para peternak ayam broiler. Beberapa kesempatan yang lalu saya sudah menyampaikan harus ada pemecahannya, harus ada solusinya,” tegas Bupati.

Menurut Bupati, sesuai dengan salah satu program visi misi Pemkab Ciamis yaitu dengan adanya integrasi fungsi para peternak ayam harus bisa memanfaatkan peluang tidak seperti kondisi saat ini.

“Pemerintah berkewajiban mencari solusi adanya integrasi fungsi, diharapkan tidak semua produksi ayam atau ikan dijual ke luar tetapi kita olah dulu sebagai bahan baku, ayam bisa jadi sosis, rendang atau pun yang lainnya sehingga dibutuhkan masuknya investor untuk mengolahnya. Ini bisa menstabilkan harga,” katanya.

Ditambahkan Bupati, Ciamis mempunyai potensi luar biasa lainnya termasuk untuk pakan ayam, dan masih banyak tanah-tanah yang terhampar  tidak produktif untuk ditanami jagung.

“Jagung merupakan salah satu bahan baku untuk pakan ayam,” tegasnya.

Potensi lainnya, dalam mengoptimalkan produk susu kambing, bagaimana caranya bisa diolah hingga bisa dijual ke luar daerah.

“Bagaimana caranya warga Ciamis bisa mengkonsumsi susu dan ikan berprotein yang tidak didatangkan dari luar tetap hasil olahan sendiri,” katanya.

Selain menampilkan sejumlah ternak domba, kambing, ayam, sapi dan lainnya, dalam festival ternak dan ikan itu juga menghadirkan stand-stand teknologi dan produk peternakan dari berbagai kecamatan serta  peserta stand pendukung dari swasta dan juga lembaga pendidikan. (Nank/cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments