Breaking News

Kopi Ciamis Lebih Nendang, Harus Diproduksi Lebih Banyak

ciamiszone.com :


CIAMIS,- Potensi sumber daya alam yang ada di Kabupaten Ciamis cukup menjanjikan, terutama kawasan Ciamis utara yang dijadikan sektor bidang holtikultura, diantaranya tanaman kopi.

Fenomena saat ini, kopi yang selalu digandrungi penggemarnya itu mendapat perhatian khusus dari Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya, tak heran jika sosok pemimpin di Tatar Galuh yang juga penggemar kopi itu paham mana kopi yang enak dan biasa-biasa saja.

Seperti dalam Festival Kopi yang digelar pada Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 Tingkat Kabupaten Ciamis tahun 2919 di Lapang Pernamanggala Desa/Kecamatan Sadananya yang berlangsung Senin-Kamis (01-04/07/2019), Bupati mengakui, kopi Ciamis memang enak dan nendang.


“Kopi Ciamis bagus, enak dan lebih nendang, tinggal dikembangkan pengemasannya. Kemasan ini juga sudah bagus, merupakan tanda kemajuan dari sebelumnya. Tinggal kita bantu promosi dan pemasarannya agar lebih luas,” kata Bupati saat mencicipi kopi asli Ciamis itu.

Bupati berharap, para produser kopi agar terus menjaga kualitas yang sudah ada agar tidak mengecewakan konsumen.

“Yang jelas kopi Ciamis ini punya rasa tersendiri, lebih enak, lebih nendang dan mantap. Berani bersaing degan daerah lain, saya penikmat kopi, ini lebih nendang karena kopi Ciamis punya khas tersendiri,” katanya berulang-ulang kagum.

Bupati juga mengakui, pihaknya akan mencoba mendorong produsen kopi agar memproduksi kopi Ciamis lebih banyak dan pemanasarannya lebih luas.

“Kedepannya untuk membantu para petani kopi, pemerintah akan memikirkan bagaimana cara agar petani kopi mendapat bantuan mesin roosting. Ini untuk meningkatkan kesejahteraan petani juga,” katanya.


Festival kopi dengan tema “Sensasi Citarasa Kopi Ciamis” itu menyajikan Kopi Kioyo Ciamis, Kopi Kalijaya Banjaranyar, Kopi Gunung Sawal Inset 24 Cihaurbeuti, Kopi Gunung Sawakl Medanglayang Panumbangan, Kopi Gunung Sawal Banjarangsana Panumbangan dan Kopi Panawangan.

Keberadaan kopi tidak hanya dijumpai dalam Festival Kopi dengan Sensasi Citarasa Kopi Ciamis saja, tetapi juga dapat dijumpai di stand-stand HKP, diantaranya di stand Kecamatan Panjalu, Panawangan, Sukadana, Sukawening Cipaku, Rajadesa, Banjar Anyar, Sukamaju Cihaurbeuti, Rancah dan Sindangkasih.

Sebelumnmya Bupati didampingi Wakil Bupati, Yana D Putra dan rombongan sempat meninjau langsung keberadaan stand-stand HKP yang menampilkan sejumlah kreatifitas dan produksi pertanian, termasuk stand Karang Taruna Kabupaten Ciamis yang berpartisipasi sebagai peserta pendukung. (Nank/cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments