Breaking News

Perkembangan BUMDes Tergantung SDM dan SDA

ciamiszone.com :


SETDA,- Salah satu pemberdayakan masyarakat dalam mewujudkan program yang tetuang dalam visi dan misi Kabupaten Ciamis, yaitu Mantapnya Kemandirian Ekonomi tidak terlepas dari peran berdirinya BUMDes, namum perkembangannya justru tergantung pada Sumber Daya Manusia (SDM) dan Suber Daya Alam (SDA)nya.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra usai membuka resmi acara Sosialisasi Kerjasama BUMDes Dalam Rangka Pembentukan Bisnis BUMN Shop dan Pertashop di Kabupaten Ciamis, Kamis (11/07/2019) di Aula Setda Ciamis.

“Yang harus disiapkan adalah SDM dan SDA yang merupakan potensi unggulan yang ada di desa itu, namun demikian pelaku BUMDes sendiri harus paham tentang peran BUMDes yang sebenarnya,” kata Wabup.


Dicontohkan Wabup, dari 27 kecamatan yang ada di Ciamis, 12 kecamatan adalah penghasil kopi, BUMDes setempat harus bisa berinovasi bagaimana agar petani kopi sejahtera dan mampu memasarkan dengan sentuhan inovasi BUMDes, baik kemasan atau pun peningkatan cita rasanya.

“Inovasi dan pemikiran kedepan merupakan syarat untuk bisa bertahan, berkelanjutan dan  berkembang menjadi sebuah usaha yang besar yang bisa mensejahterakan masyarakat Kabupaten Ciamis,” tegasnya.

Menurut Wabup, BUMDes adalah bisnis yang memerlukan SDM dengan jiwa entrepreneurship sehingga diperlukan pelatihan atau bimbingan teknis (Bimtek), seperti yang dilakukan Bank Mandiri saat ini.

“Pelatihan Bimtek dari Bank Mandiri salah satu upaya untuk meningkatkan SDM BUMDes agar punya kemampuan untuk pengelolaan keuangan. Ini bisa berkembang dengan baik, makanya nanti orang-orang yang mengelola BUMDes harus pandai-pandai untuk menentukan usaha apa yang memang jadi prospek pasar modern dan pasar modern,” jelasnya.

Sementara terkait SDA, menurut Wabup, wilayah Kabupaten Ciamis sangat luar biasa, namun pelaku BUMDes harus paham keunggulan SDA yang ada di wilayahnya masing-masing.

“Bahan baku Itu adalah salah satu prasyarat utama untuk menunjang inovasi yang harus dilakukan oleh BUMDes, kedepannya bisa saja pemerintah membantu dan mendorong BUMDes dengan menghadirkan investor ke desa, namun tentunya tidak untuk semua desa, tetapi akan melihat daerah mana yang memang ada potensi prospektif ke depannya. Yang jelas semakin banyak usaha di Ciamis akan semakin mensejahterakan masyarakat Ciamis,” katanya. (Nank/cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments