Breaking News

Bupati Ciamis Apresiasi “Dialog Hukum dan Peradilan” Dikemas dalam Ngopi Bareng

ciamiszone.com :

CIAMIS,-  Bupati Ciamis, DR. H. Herdiat Sunarya sangat mengapresiasi sebuah acara Dialog Hukum dan Keadilan yang sejatinya dikemas secara formal, namun dengan kreatif mampu dikemas dalam suasana lebih rileks dengan jargon “Ngopi Bareng Bupati Ciamis dengan Warga Peradilan Ciamis” di Aula Kantor Pengadilan Agama Ciamis, Senin (19/08/2019).

Menurut Bupati, rangkaian acara dalam rangka Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia ke-74 tepat tanggal 19 Agustus 2019 ini merupakan wujud nyata dukungan Warga Peradilan Ciamis dalam memperkenalkan kopi lokal di Kabupaten Ciamis agar semakin dikenal dan dapat bersaing dengan kopi lainnya di Nusantara.

“Saya merasa tersanjung dan terhormat dapat berbicara dihadapan hadirin sekalian pada moment istimewa ini, karena sebagai indikator hubungan jejaring kersama dan komunikasi antar lembaga di Kabupaten Ciamis ini sangat baik dan sinergis,” tegasnya seraya mengucapkan Selamat HUT MA RI ke-74 kepada warga peradilan Ciamis baik dari Pengadilan Agama atau pun Pengadilan Negeri Ciamis.

Bupati berharap, diusia ke-74 tahun ini, Mahkamah Agung dan seluruh badan peradilan di bawahnya menjadi Peradilan Indonesia yang agung dan menjadi lembaga negara yang profesional serta terdepan dalam menegakkan hukum dan  keadilan.


“Pengadilan adalah rumah besar yang menjadi tumpuan harapan masyarakat khususnya para pencari keadilan,” tegas Bupati,

Ketua Pengadilan Agama (PA) Ciamis, Drs. H. Anang Permana, SH., MH menjelaskan, sudah menjadi agenda tahunan bagi warga peradilan Indonesia menyambut hari bersejarah bagi rakyat Indonesia dan warga peradilan Indonesia, yakni HUT MA RI.

Menurutnya, PA Ciamis sebagai salah satu lembaga yudikatif pemegang kekuasaaan kehakiman di bawah MA RI tidak ketinggalan mengejawantahkan peran aktifnya dalam mengisi peringatan HUT MA dengan berbagai kegiatan diantaranya, mulai kegiatan sosial, keilmuan, perlombaan/pertandingan yang diikuti oleh keluarga besar PA.

Khusus kegiatan keilmuan, PA menggelar Dialog Hukum dan Keadilan yang dihadiri Bupati Ciamis dan warga Peradilan di Kab. Ciamis, PA dan PN.

Menurut Anang, hal ini digelar dalam mempererat silaturahmi lembaga yudikatif dan eksekutif di Kabupaten Ciamis yang pada Tahun 2019 ini sangat erat dan sinergis. Juga sebagai media informasi kinerja dan prestasi PA Ciamis bagi warga di Kabupaten Ciamis.

Ketua PA Ciamis juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setingginya kepada Bupati Ciamis yang berkat jejaring kerjasama dan perhatian Bupati Ciamis, akhirnya PA Ciamis dapat menyelesaikan permasalahan yang selalu menjadi batu sandungan terhadap Laporan Kinerja Pengadilan Agama Ciamis terkait Pengelolaan Aset Negara, yakni melalui kebijakan dan tangan kepempimpinan Bupati Ciamis, Gedung Pengadilan Agama Ciamis kini telah berdiri diatas tanah milik Pemerintah RI cq. Mahkamah Agung RI.

“Setelah melalui jalan berliku dan perjuangan yang luar biasa selama 9 tahun (2008–2019) menghabiskan kepemimpinan 5 Ketua Pengadilan Agama, 5 Panitera/Sekretaris, dan 2 Sekretaris. Terimakasih Pak Bupati, atas semakin sinerginya eksistensi Pengadilan Agama Ciamis dalam kegiatan kenegaraan di Kabupaten Ciamis dalam Forkopimda selama ini,” pungkasnya. (cZ-01)**

Post a Comment

0 Comments