Breaking News

Dari Gebyar Pesona PKH 2019, Ciamis Jadi Inspirator di Jabar

ciamiszone.com :
GGT,- Kabupaten Ciamis akan menjadi aspirator dalam Program Keluarga Harapan (PKH) bagi daerah lainnya di Jawa Barat, dengan Gebyar Pesona PKH-nya, masyarakat akan tahu yang menjadi produk khas dan unggulan Ciamis. Untuk lebih mengenalkan produk tersebut harus ada katalog agar bisa diikutsertakan di tingkat nasional.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, DR H Dodo Suhendar dalam acara Gebyar Pesona PKH Kabupaten Ciamis 2019 yang secara resmi dibuka Bupati Ciamis, DR. H. Herdiat Sunarya, Sabtu (30/08/2019) di Gelanggang Galuh Taruna (GGT) Ciamis.

“Dengan kegiatan ini Dinas Sosial Kabupaten Ciamis menjadi inspirator bagi daerah lain, kedepannya perlu adanya katalog produk sehingga bisa disampaikan ke kantor pemasaran yang sudah kerjasama dengan Pemprov contohnya Bukalapak, jadi akan lebih mudah untuk dishare kemana-mana, nantinya kalau makin banyak orderan maka banyak orang yang dipekerjakan dan itu akan meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya.

Menurut Dodo, melalui para Pendampingnya, PKH harus mampu mendorong perubahan pola pikir dan perilaku Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH untuk lebih memperhatikan pendidikan, kesehatan, kemandirian ekonomi keluarga.



“Itu dibutuhkan kesungguhan KPM untuk mengikuti program KPH dengan baik sehingga kedepannya taraf hidup akan meningkat, lebih sejahtera dan mandiri, karena PKH merupakan program porioritas pemerintah sebagai bentuk upaya percepatan penanggulangan kemiskinan,” tegasnya.

Sementara Bupati Ciamis, DR. H. Herdiat Sunarya mengatakan, PKH bertujuan agar tingkat pengangguran dan angka kemiskinan menurun, sehingga laju pertumbuhan ekonomi masyarakat meningkat.

“Sebetulnya saya bangga tidak bangga masyarakat Ciamis sebanyak 47 ribu orang yang akan menerima bantuan dari pemerintah, tapi harapan saya masyarakat Ciamis graduasi (target lulus PKH) mandiri semua dan sejahtera,” katanya.

Menurut Bupati, anggran Rp168 milyar tidak hanya untuk kebutuhan konsumtif saja, tetapi akan lebih bagus jika kebutuhan produktif ditingkatkan, apalagi potensi yang dimiliki Ciamis masih banyak, tinggal bagaimana mengoptimalkan  permodalan yang lebih utama.

“Kita membutuhkan investor untuk mengembangkan potensi Ciamis yang luar biasa itu, sehingga laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Ciamis dengan tingkat pengangguran mencapai 66 ribu jiwa bisa kita optimalkan,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ciamis, Hj. Yeyet Trisnayati mengatakan, acara ini bertujuan sebagai upaya untuk mengekspos kegiatan dan mengapresiasi juga mengevaluasi kegiatan PKH di Kabupaten Ciamis.

“Sampai saat ini jumlah yang menerima bantuan PKH di Ciamis sebanyak 47.106 keluarga dan terdapat 10% KPM dari PKH Graduasi Mandiri,” katanya.

Menurut Yeyet menjelaskan, Gebyar Pesona PKH Kabupaten Ciamis 2019 bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan keberhasilan pelaksanaan tugas Sumber Daya Manusia (SDM) PKH dalam menjalankan fungsi dan kewajibannya, sebagai upaya percepatan target 10% Graduasi Sejahtera Mandiri tahun 2020.

“Selaian itu juga sebagai sarana promosi untuk kegiatan pemberdayaan ekonomi KPM PKH baik kegiatan yang dilakukan secara perorangan maupun kelompok,” katanya. (Nank/cZ-01)**

Post a Comment

0 Comments