Breaking News

HUT RI ke-74, Bupati Nasionalis, Legislator Provinsi Turun ke Desa

ciamiszone.com :
LOKASANA,-  Bentuk nasionalis seorang Bupati diperlihatkan oleh DR. H. Herdiat Sunarya saat seusai upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019 di Taman Lokasana Ciamis, Sabtu (17/08/2019) yang secara spontan menerima dan mengenakan topi adat Papua.

Sementara seorang legislator yang kembali terpili menjadi anggota DPRD Priovinsi Jawa Barat, Ir. H Herry Dermawan memilih melaksanakan upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019 di Lapang Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.

Bupati Ciamis, Herdiat mengakui, dikenakannya topi adat Papua merupakan bentuk pemghargaan dari anak-anak Papua yang mengikuti upacara di Taman Lokasana.

“Ini bentuk penghargaan dari anak-anak Papua yang sedang belajar di Ciamis dan ikut melaksanakan upacara, saya sangat menghargainya dan patut dihormati,” tegas Bupati.

Menyikapi makna HUT RI tahu ini, Bupati menjelaskan, peringatan HUT RI ke-74 ini merupakan titik atau harapan tertinggi dari sejarah perjuangan Bangsa Indonesia. Proklamasi Kemerdekaan sebuah pernyataan bahwa bangsa Indonesia telah berhasil melepaskan diri dari belenggu penjajahan.

"Alhamdulillah upacara berjalan lancar aman dan tertib dan semua sesuai dengan rencana, semoga Indonesia kedepan makin berkualitas semakin maju juga rasa nasionalisme dan patriotisme semakin kuat, begitu juga untuk Ciamis,” katanya.

Menurut Bupati, sesuai dengan tema HUT RI ke 74, “SDM Unggul Indonesia Maju” maka dalam mengisi kemerdekaan ini harus terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan ketersediaan infrastruktur sehingga mantapnya kemandirian ekonomi untuk semua dapat tercapai.


Upacara peringatan HUT RI ke-74 ini serentak dilaksanakan di setiap kecamatan dan desa-desa, ada yang luar biasa di Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing, karena dihadiri oleh seorang anggota DPRD Provinsi Jawa Barat yang sengaja jauh sebelumnya merencanakan hadir di tengah masyarakat Desa Kertaharja.

“Ini sengaja saya lakukan untuk lebih mengenal masyarakat dan memberikan semangat kepada masyarakat tingkat desa, bahwa anggota Dewan Propinsi pun peduli terhadap kegiatan di tingkat desa,” kata Ir. H. Herry Dermawan.

Herry merasakan suasana yang luar biasa dari animo masyarakat Desa Kertaharja yang sangat antusias merayakan Hari Kemerdekaan RI ini, apalagi mereka merayakannya dengan berbagai kegiatan, mulai karnaval kemerdekaan sampai hadirnya drumband lokal.

“Setiap RW mengirimkan pesertanya, mulai anak-anak sampai orang tua ikut bersukaria, ini sangat luar biasa, saya sempat kaget ketika mereka berduyun-duyun memenuhi lapangan,” katanya seraya mengakui, kegiatan serupa akan rutin dilakukan secara bergantian ke desa-desa lainnya.

“Yang lebih luar biasa lagi, ternyata mereka sangat peduli terhadap kebersihan, karena usai kegiatan dengan sukarela mereka membersihkan sampah-sampah yang ada di lapangan,” tegasnya.

Sebagai anggota Dewan Provinsi Jabar dari daerah pelilihan Ciamis, Kuningan, Kota Banjar dan Pangandaran, Harry juga tetap menampung aspirasi dan berbagai keluhan masyarakat. (Nank/cZ-01)**

Post a Comment

0 Comments