Breaking News

Kebakaran Lahan Jati, Kurang Dari 5 Jam 3 Haktare Hangus

ciamiszone.com :

PAMARICAN,- Hutan jati seluas 3 hekhare di blok hutan jati, petak 77D RPH Pamarican Dusun Sambungjaya, RT 17 dan 18, Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican hangus dilalap api tadi siang, Sabtu (10/08/2019).

Kobaran api yang mulai muncul terlihat warga sejak pukul 14:30 WIB itu berhasil dipadamkan setelah kurang dari lima jam petugas gabungan  berjibaku memadamkan hutan jati milik Perhutani itu, hingga api berhasil dikuasai pada pukul 19.18 WIB.

“Sumber api belum diketahui, namun selama kurang dari lima jam petugas yang terdiri dari Pusdalops PB BPBD Ciamis dibantu unsur aparat desa, Koramil Pamarican, Polsek Pamarican, Tagana, Perhutani dan warga setempat melakukan pembuatan sekat bakar, berupaya untuk memadamkan api dibantu dengan tanki BPBD Ciamis,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis, Ani Supiani, Sabtu (10/08/2019) petang.





Dijelaskannya, dengan dikuasainya kobaran api tersebut, hutan jati seluas 7 hektare di blok 77C1 yang sebelumnya terancam, kini terhindar dari amukan api, karena api mati tersekat dan tidak menjalar.

“Sebelumnya, warga masyarakat beserta aparat desa setempat melakukan upaya pemadaman kebakaran itu dengan peralatan seadanya, selanjutnya Tim Pusdalops PB BPBD Ciamis datang dengan tangki BPBD,” katanya.

Tim Pusdalops pun melakukan assesment, berkoordinasi dengan aparat desa setempat serta intansi terkait dan melakukan upaya pemadaman. (cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments