Breaking News

Lahah Bambu Terbakar, Ancam 4 Rumah Warga

ciamiszone.com :

CIJEUNGING,- Lahan bambu yang diperkirakan seluasnya mencapai 300 bata milik Yedi A Wahid, warga di Dusun Sarayuda, RT 04 RW 07, Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis mengalami kebakaran, Rabu (07/08/2019).

Terbakarnya lahan pohon bambu itu mengancam empat rumah warga yang tidak jauh dari lahan tersebut, namun petugas pemadam kebakaran akahirnya mampu menguasai si jago merah setelah menurunkan satu unit damkar yang dibantu dua unit tangki suplai air dari BPBD dan PDAM Tirta Galuh Ciamis.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis, Ani Supiani, mengatakan, meskipun petugas pemadam dan relawan BPBD Kabupaten Ciamis dibantu oleh warga setempat mengalami hambatan dalam pemadaman dikarenakan angin sangat kencang tapiakhirnya api oun berhasil dipadamkan.

“Saat pemadaman, petugas kesulitan karena selain angin tadi siang cukup kencang, ditunjang dengan lokasi yang curam menurun,” katanya.



Dijelaskan Ani, kebakaran terjadi diduga karena ada warga yang melakukan pembakaran sampah dan dedaunan kering tapi dibiarkan, sehingga api menyambar lahan bambu.

“Api sangat cepat merambat dan membesar karena banyak dedaunan dan tanaman kering, serta limbah pabrik aren yang sudah lama tidak beroprasi. Api sempat mengancam empat rumah warga,” katanya.

Diakuinya, selain satu unit kendaraan pemadam kebakaran yang dibantu dua unit tangki suplai air milik BPBD dan PDAM, proses pemadaman juga melibatkan satu unit mobil taktis dan satu unit mobil dari PMI sebagai antisipasi jika muncul korban jiwa.

Pihaknya menghimbau kepada warga agar tidak membakar sampah atau pun membuang puntung rokok sembarangan.

“Hindari membakar sampah sembarangan atau pun membuang puntung rokok sembarangan karena sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kebakaran,” katanya. (Nank/cZ-01)**

Post a Comment

0 Comments