Breaking News

Puncak HUT RI untuk Meningkatkan Rasa Nasionalisme

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI ke 74 dipastikan peran Karang Taruna tampil disetiap kegiatan, baik kecamatan, desa, dusun bahkan tingkat RT dan RW.

Gaung Hari Kemerdekaan masih terus terdengar di miggu terakhir bulan Agustus ini, berbagai lomba digelar yang biasanya diawali dengan olahrgara Jalan Santai berhadiah, dilanjutkan dengan lomba-lomba permainan lainnya termasuk hiburan mulai dari organ tunggal sampai ke live music.

Seperti di kawasan Kecamatan Ciamis, sejumlah titik kegiatan memeriahkan Hari Kemerdeakan RI ke-74 menggelar jalan sehat dengan berbagai hadiah menarik, bahkan acara puncak Kemerdekaan di Karang Taruna Selagangga Gayam mampu menyiapkan hadiah sepeda motor untuk peserta yang beruntung.

Ketua Karang Taruna Selagangga Gayam, Sendy Hermafitriana, SE mengakui, acara puncak Gebyar Kemerdekaan tahun ini memang lebih meriah, apalagi massa sangat antusias dengan hadiah menarik satu unit motor yang disiapkan panitia, Minggu (25/08/2019).


“Alhamdulillah, Karang Taruna sangat berperan dan mampu membangun komunikasi dengan berbagai lapisan masyarakat hingga terselenggaranya puncak kemerdekaan yang melibatkan seluruh lapisan, tidak hanya pemuda/ pemudi Gayam tetapi seluruh warga antusias, termasuk warga diluar Gayam pun ikut berpartisipasi,” jelas Sendy yang juga pengurus Karang Taruna Kabupaten Ciamis itu.

Sendy pun merasa bangga, dalam Gebyar Kemerdekaan sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan yang ditorehkan para pahlawan itu berlangsung aman dan sempat dihadiri Bupati Ciamis, DR. H. Herdiat Sunarya.

Sementara di Lingkungan Karang Gedang, acara serupa digelar Karang Taruna setempat yang juga diawali dengan jalan sehat.


Ketua Karang Taruna Lingga Muda II Karang Gedang, Riki mengakui, acara puncak HUT RI ke-74 ini sebagai bentuk refleksi untuk memaknai Kemerdekan yang diaplikasikan dengan perasaan bangga dan syukur, selain itu juga untuk meningkatkan rasa nasionalisme.

Menurut Riki, kegiatan ini di lingkungannya itu juga bertujuan untuk membangun kebersamaan dan silaturahmi antar warga sekaligus menumbuhkan dan meningkatkan rasa nasionalisme disamping terus belajar memanaje kegiatan dalam sebuah organisasi.

“Diharapkan warga Karang Taruna disini memiliki rasa kebersamaan, nasionalis juga punya rasa kepedulian terhadap kampung halaman,” tegansya seraya mengakui, kedepannya bisa terus melakukan kegiatan positif dan menjadi wadah penampung asipirasi masyarakat, khususnya generasi muda dalam rangka mewujudkan rasa kesadaran dan tanggung jawab sosial terhadap masyarakat.

“Yang tidak kalah penting adalah bagaimana caranya mengemas agar kegiatan ini tampak meriah, efisien, mendidik, sekaligus bisa membangun rasa nasionalisme dan semakin cinta terhadap Tanah Air,” tegasnya.


Hal serupa juga digelar di Lingkungan Karangsari Maleber, bekerjasama dengan perusahaan property Garden Bojonghuni yang membuka perumahan di Maleber, Karang Taruna setempat tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk berbagi rasa di puncak Gebyar Kemerdekaan RI ke-74 tahun ini.

Selain jalan sehat, Karang Taruna Karangsari Maleber juga menyiapkan dua pohon untuk lomba panjat pinang dan hiburan musik. (Nank/cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments