Breaking News

Tiga Hektare Hutan Desa Bahara Panjalu Terbakar

ciamiszone.com :

PANJALU,- Seluas tiga haktare lahan hutan produksi milik Desa Bahara di Blok Legoknyenang, Dusun Sukaluyu, Desa Bahara, Kecamatan Panjalu dilaporkan mengalami kebakaran, Minggu (04/08/2019) siang.

Lahan hutan produksi yang dikelola warga dengan tanaman produksi kayu dan bambu itu ludes terbakar, hingga kepulan asap putih membumbung ke udara pun dan membuat kepanikan warga setempat.  

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Ani Supiani membenarkan adanya kebakaran tersebut, menurutnya lahan hutan seluas sekira tiha hetare itu dikelola masyarakat dengan tanaman produksi seperti kayu dan bambu itu habis terbakar.

“Awalnya warga melihat asap putih membumbung tinnggi, dan ternyata bersumber dari api yang membakar lahan tersebut. Mengantisipasi menyebarnya titik api ke tempat lain, aparat desa dan warga setempat pun berupaya memadamkan api dengan cara manual seadanya sebelum datangnya bantuan petugas Damkar,” jelasnya.  

Diakuinya, sumber api penyebab kebakaran belum diketahui, namun pihaknya dan warga setempat pun membantu pihak kepolisian yang turun langsung ke lapangan melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab terjadinya kebakaran lahan hutan tersebut.

“Yang pasti sekarang api sudah tertanggulangi dan padam total, kami juga belum mengetahui berapa taksiran kerugian akibat kebakaran hutan itu, dan pihak kepolisian saat ini sedang melakukan penyeldidikan,” tegasnya kepada ciamiszone, Minggu petang. (Nank/cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments