Breaking News

Didampingi Bupati Ciamis, Ridwan Kamil Buka Jambore Desa Jabar 2019 di Ciamis Dihadiri 6 ribu peserta

ciamiszone.com :
LAKBOK,- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil membuka secara resmi Jambore Desa Kelurahan 2019 di Desa Sidaharja, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jumat (27/09/2019) yang dihadiri 6.000 orang dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Jambore yang berlangsung selama dua hari, Jumat-Sabtu (27-28/09/2019) itu  sebagai upaya silaturahmi serta pemahanan terkair program Desa Juara.

Menurut Ridwan Kamil, pemilihan Lakbok sebagai lokasi kegiatan Jambore Desa Jawa Barat 2019 karena Lakbok merupakan gerbang desa yang berbatasa langsung dengan Cilacap, Jawa Tengah. 


"Pemilihannya pun dilakukan secara seleksi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat yang harus dilaksanakan di perbatasan. Desa perbatasan bukan bagian belakang, tapi bagian depan alias gerbang," katanya.

Ridwan Kamil pun memaparkan sejumlah program Pemerindah Daerah Provinsi Jawa Barat yang sebagian besar terfokuskan di desa-desa. 

Pihaknya berharap, dengan Jambore Desa Kelurahan 2019 mampu menghadirkan semangat guna menuju Desa Juara.

"Mudah-mudahan Jambore Desa Kelurahan yang dihadiri 6 ribuan kepala desa dan kelurahan ini punya semangat dengan konsep desa juara," katanya.


Pria yang akrab disapa Emil ini optimis desa dan kelurahan di Jabar memiliki kekompakkan guna mewujudkan visi misi Desa Juara Lahir Batin.

"Saya optimis dengan kekompakkan seperti ini, visi misi Desa Juara Lahir Batin bisa diimplementasikan dengan baik," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Jawa Barat, Dedi Sopandi mengaku telah melakukan survei ke 102 desa yang berada di perbatasan guna menentukkan tempat pelaksanaan Jambore Desa Kelurahan Jawa Barat 2019.

"Maka terpilih Lakbok untuk kegiatan Jambore Desa Kelurahan tahun ini. Ada arak-arakan perwakilan desa kabupaten, malam harinya ada makan nasi liwet di sawah bersama Pak Gubernur dan menyaksikan Festival Layang Lakbok," kata Dedi.

Jambore juga fimerishksn dengan karnaval dari setiap ksbuoaten/kota daerah menelusui kawasan Lakbok. Setiap daerah menonjolkan kreasi seni masing-masing disaksikan langsung oleh Gubernur Jabar.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya merasa bangga terpilihnya Lakbok menjadi tempat Jambore Desa Kelurahan tingkat Jabar 2019, apalagi Kakbok adalah lumbung padinya Jawa Barat.

"Dengan dipilihnya Lakbok sebagai daerah perbatasan, diharapkan desa-desa perbatasan Ciamis dengan Jawa Tengah kedepannya bisa menjadi salah satu mukanya Jawa Barat, bukan hanya Kota Bogor, Bekasi dan Depok saja," katanya. 

Ditegaskan Bupati, Ciamis itu bukan ujungnya atau belakangnya Jawa Barat, tapi Ciamis adalah mukanya Jawa Barat.

"Di daerah-daerah perbatasan di Ciamis akan jadi prioritas sebagai pusat sektor pertumbuhan yang terintegrasi, kita ingin mensejajarkan dengan desa-desa yang ada di perbatasan Jawa Tengah," katanya.  (Nank/cZ-01)**

Post a Comment

0 Comments