Breaking News

Harlah Karang Taruna, Generasi Muda Kembali pada Marwah Ideologi Pancasila

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Generasi muda harus bisa kembali pada marwah ideologi Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika yang kini dirasa mulai luntur di kalangan masyarakat, melalui Hari Lahir (Harlah) Karang Taruna kita kembali pada marwah ideologi tersebut.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Ega Anggara dalam acara peringatan Harlah Karang Taruna ke-59 di Sekertariat Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Jalan Jendral Sudirman No 87, Kamis (26/09/2019) malam.

Harlah yang dikemas dalam program Teras Kopi (Temu Rasa dan Konsolidasi Potensi) tahun ini mengambil tema “Paheuyeuk-heyeuk Lengeun Paantay-antay Tangan” dengan tujuan merekatkan tali persaudaraan serta memperkuat keutuhan NKRI.

“Teras Kopi adalah tempat ngopi bareng yang bisa menemukan rasa dan konsolidasi potensi. Selain pengurus kabuoaten, kami mengundang teman-teman Karang Taruna dari seluruh kecamatan di Kabupaten Ciamis dan desa/kelurahan terdekat ke pusat kota, dengan harapan bisa melahirkan inovasi dan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi, khususnya maslaah sosial,” katanya.
  

Menurut Ega, pada momentum harlah ini, Karang Taruna yang sudah berusianya 59 tahun bisa lebih mandiri, lebih mensejahterakan diri dan  yang paling utama bisa memiliki prestasi dan menghasilkan karya.

“Karang Taruna merupakan wadah pemuda, untuk itu sebagai pemuda dituntut punya karya nyata untuk masyarakat yang dirasakan langsung oleh masyarakat, selain itu bisa mewujudkan Kabupaten Ciamis ini lebih maju mandiri dan sejahtera bersama,” tegasnya.

Acara yang dihadiri Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso dan tokoh muda, H. Anjar Asmara itu dikemas sederhana dengan gaya lesehan yang identik dengan kebiasaan warga Karang Taruna, berbentuk lesehan.


Kapolres Ciamis sangat mengapresiasi Karang Taruna Kabupaten Ciamis berusaha mengembalikan marwah pemuda terhadap idielogi Pancasila yang saat ini dirasakannya mulai luntur.

“Kami dari pihak kepolisian sangat mendukung program kerja dan kegiatan positif yang digelar Karang Taruna. Bersama aparat dan masyarakat lainnya, Karang Taruna ciptakan Ciamis kondusif,” tegasnya.

Sementara H. Anjar Asmara mengingtakan, Ciamis yang memiliki potensi sumber daya alam (SDA) berlimpah, harus mampu dikelola dengan baik oleh generasi muda yang tergabung dalam Karang Taruna.

“Karang Taruna bisa menjadi pelopor pertumbuhan kualitas pengelolaan SDA dan juga Sumber Daya Manusia dengan sinergitas yang dijalin antara Karang Taruna dengan pemerintah yang didukung oleh pihak kepolisian. Dengan sinergitas tersebut, Ciamis akan maju dan sejahtera untuk semua,” katanya. (Nank/cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments