Breaking News

Invitasi Oltrad Warnai Rangkaian Haornas di Ciamis

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Rangkaian peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tingkat Kabupaten Ciamis diwarnai dengan invitasi olahraga tradisional (Oltrad) yang diikuti oleh perwakilan dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Ciamis, di Lapang Linggasari, Senin (30/09/209).

Para atket Oltrad dari seluruh SKPD itu menyambut antusias invitasi tersebut karena selain olahraga yang membutuhkan kekuatan stamina dan keahlian, sejumlah nomor perlombaan merupakan permainan tradisional yang harus dilestarikan.

Bupati Ciamis, DR. H. Herdiat Sunarya yang membuka langsung invitasi oltrad tersebut mengakui, memilih olahraga tradisional ini karena merupakan peninggalan leluhur dan budaya yang harus dilestarikan.

Dimulainya invitasi oltrad antar SKPD tersebut ditandai dengan pembidikan anak panah melalui sumpit yang dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati Ciamis dengan sasaran papan target yang tentunya memerlukan konsentrasi sasaran dan perhitungan pernafasan.


“Olahraga tradisional ini diikuti oleh para ASN yang mewakili dinasnya masing-masing. Kita awali oleh para ASN agar olahraga tradisional ini bakal lebih memasyarakat,” katanya.

Menurut Bupati, untuk melakukan oltrad ini masyarakat bisa melakukannya tanpa harus menunggu momen Agustusan. Selain itu oltrad juga sebagai ajang silaturahmi antar pegawai di Pemkab Ciamis.

“Kita ambil hikmah dari oltrad ini, karena didalamnya terandung niai-nilai kebersamaan, diharapkan dapat saling bekerjasama dan meningkatkan kinerja para ASN,” tegasnya.

Dengan digelarnya oltrad diharapkan mampu mengembalikan budaya dan melestarikannya, karena diera digital saat ini sudah jarang masyarakat yang melakukan aktifitas olahraga tradisional tersebut. Terlebih anak-anak yang sudah lebih banyak beraktivitas menggunakan gadget.



Keterlibatan ASN dalam invitasi oltrad diharapkan dapat memasyarakatkan oltrad di lingkup ASN, juga memelihara, melestarikan dan mengembangkan budaya oltrad di Ciamis.

“Selain itu invitasi oltrad ini juga dalam rangka menjaring dan mempersiapkan atlet oltrad yang akan diikutsertakan dalam Porsenitas,” katanya.

Permainan tradisional masyarakat yang sering dijumpai saat perayaan Agustusan itu antara lain lomba bakiak atau tarumpah panjang, enggrang, sumpit, dogongan dan gobag atau hadangan.

Para ASN sangat antusias dalam mengikuti lomba tersebut, suasana semakin meriah dengan hadirnya suporter dari masingmasing SKPD yang memberikan semangat kepada atlet-atletnya. Bahkan sesekali gelak tawa pun meledak di tengah permainan. (cZ-01)**

Post a Comment

0 Comments