Breaking News

Lebih dari 10 Kecamatan Kekeringan, Ribuan Warga Ciamis Sholat Istisqo

ciamiszone.com :

ALUN-ALUN,- Menyikapi kemarau panjang yang melanda wilayah Kabupaten Ciamis, ribuan warga Tatar Galuh menggelar sholat Istisqo di Halaman Mesjid Agung dan Alun-alun Ciamis, Rabu (18/09/2019).

Sholat Istisqo untuk meminta hujan barokah itu dihadiri Bupati Ciamis, DR. H. Herdiat Sunarya, Wakil Bupati, Yana D Putra dan unsur Forkopimda dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Ciamis.

Menurut Bupati, Salat Istisqo intinya memohon hujan yang barokah dan penuh rahmat, menyusul di Ciamis sudah cukup lama dilanda kemarau panjang banyak kecamatan yang terdampak, sehingga kekuragan air bersih.

“Banyak warga yang terdampak hingga kesulitan air bersih, belum lagi adanya kebakaran lahan yang dihadapi saat ini sebagai dampak kemarau dan kita melaksanakan shalat istisqo ini dengan harapan supaya segera turun hujan,” katanya.


Saat ini lebih dari 10 kecamatan yang kesulitan mendapatkan air bersih, untuk itu pihaknya telah memerintahkan instansi terkait untuk membagikan air bersih terhadap masyarakat.

“Kita telah mengambil berbagai langkah untuk antisipasi dampak kemarau ini sampai ke tingkat desa, dan pendistribusian air bersih pun masih terus kita laksanakan setiap hari,” katanya.

Sementara menurut data dari BPBD Kabupaten Ciamis, distribusi bantuan air bersih dilakukan setiap hari sebanyak 18 ribu liter disalurkan ke 10 kecamatan, 23 desa dan 53 dusun yang mengalami kekurangan air bersih.

“Jumlah warga terdampak kemarau sebanyak 8.538 kepala keluarga atau 25.339 jiwa, jumlah bantuan air bersih yang disalurkan mencapai 776 ribu liter,”  kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis, Ani Supiani.

Sementara itu, menambahkan saat ini 10 dari 27 kecamatan di Ciamis mengalami dampak kemarau panjang sehingga kekurangan air bersih .
“Setiap hari distribusi air bersih mencapai empat tangki ukuran 5 ribu liter dan sampai hari ini kami sudah mengirimkan air bersih sebanyak 776 ribu liter dengan 168 tangki,” katanya.

Dijelaskan Ani, air bersih sebanyak 776 ribu liter itu disuplai dari PDAM Tirta Galuh Ciamis yang didistribusikan oleh BPBD sebanyak 608 ribu liter sementara sisanya 168 ribu liter disididtrubusikan oleh pihak lain yang peduli membantu warga terdampak seperti PWI dan HMI (CSR BJB), Lazis Wahdah, Polres Ciamis, Perum Perhutani, YBM PT PLN ULP Ciamis, Daarut Tauhid dan Kodim 0613 Ciamis.

Selain air bersih, disalurkan juga bantuan lainnya berupa 15 buah toren ukuran 1.000 liter dari BRI 13 buah dan dari PLN dua buah. (Nank/cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments