Breaking News

Lulusan Unigal Harus Bisa Ciptakan Lapangan Kerja

ciamiszone.com :
UNIGAL,- Universitas Galuh (Unigal) Ciamis mewisuda 1.598 mahasiswanya dalam dua gelombang, Sabtu dan Senin (21-23/09/2019) di Auditorium Unigal. Tercatat dari jumlah tersebut sebanyak 266 orang atau 17% meraih predikat cumlaude. Diharapkan lulusan Unigal mampu menciptakan lapangan kerja baru.

“Alhamdulillah peraih predikat cumlaude setiap tahunnya meningkat, namun yang kami harapkan justru setelah keluar mereka harus bisa menciptakan lapangan kerja baru, seiring dengan visi misi Ciamis yang salah satunya mengurangi tingkat pengangguran,” kata Ketua Yasasan Pendidikan Galuh (YPG) Ciamis, H. Otong Husni Taufik di Kantor Rektorat Unigal usai acara wisuda Gelombang II, Senin (23/09/2019).

Menurutnya, saat ini setiap tahunnya tercatat 80% lulusan Unigal terserap bekerja, namun masih sedikit yang bisa menciptakan lapangan kerja baru.


“Rata-rata 80% lulusan Unigal sudah mendapat pekerjaan, itu terpantau dari laporan di Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unigal. Untuk itu kami berharap wisudawan/wisudawati dapat bergabung dengan IKA  Unigal, karena dengan aktif dalam IKA mereka juga akan terus menjaga kesinambungan tali silahturahmi antar alumni dengan Unigal, serta dapat ikut bersama-sama berperanserta dalam membesarkan Unigal,” jelasnya.

Diakui Otong, dari 80% yang terserap bekerja, mayoritas warga Ciamis, mereka bekerja di berbagai instansi termasuk di sejumah perbankan.

“Yang bekerja di dunia perbankan bukan hanya lulusan Fakultas Ekonomi, tapi fakultas lain pun jika mereka lolos seleksi dan sesuai dengan keahliannya, ternyata diterima,” tegasnya.

Otong juga berharap, bagi mahasiswanya yang sempat menuntut ilmu di luar negeri seperti di Thailand dan Malaysia, meskipun mereka mendapatkan ijazah dua dari luar negeri dan Unigal, tapi tetap urusan bekerja harus menomorsatukan NKRI.

“Saya imbau kepada seluruh alumni Unigal agar bisa bermanfaat bagi tanah Tatar Galuh, lebih jauhnya utamakan NKRI. Meskipun pernah kuliah di luar negeri tapi berbaktilah untuk Indonesia,” tegasnya. (cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments