Breaking News

Meski Belum Populer, Hockey Ciamis Berprestasi

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Untuk pertama kalinya Federasi Hockey Indonesia (FHI) Kabupaten Ciamis menggelar Open Turnamen Hockey Bupati Cup yang dibuka Bupati Ciamis, DR. H Herdiat Sunarya. Bupati Cup di Gelanggang Galuh Taruna (GGT) Ciamis, Jumat (13/09/2019).

Turnamen yang diikuti 14 tim terbagi dalam dua katagori usia 18 dan 14 tahun itu diiukti oleh Kabupaten Ciamis, Kebumen, Gersik, Tanggerang, Garut Kota Bandung, Bekasi, Kota Banjar dan Kota Bandung.

Menurut Bupati, selain sebagai ajang pembinaan atlet di Ciamis, kegiatan Bupati Cup ini juga untuk mensosialisasikan hockey di Kabupaten Ciamis yang merupakan salah satu cabang olahraga belum populer di masyarakat, tapi Ciamis mampu berprestasi.

“Saya merasa bangga dan salut kepada para pengurus dan pelatih hockey Ciamis, walaupun banyak kendala tapi Alhamdulillah atlet-atlet hockey dari Ciamis bisa berprestasi di tingkat lebih tinggi,” katanya.


Diakuinya, walaupun banyak kendala mulai dari belum adanya lapangan, peralatan dan sarana prasarana lainnya, tetapi atlet-atlet dari Ciamis bisa menjadi duta Ciamis, baik di tingkat regional maupun nasional.

Untuk bisa meraih prestasi tidak bisa instan tapi harus terencana, terstruktur dan terprogram dan ditunjang dengan sarana prasarana yang memadai, pembinaan atlet akan maksimal, untuk itu pihaknya akan membantu sarana prasarana yang dibutuhkan.

“Mudah-mudahan ke depan kita akan lebih focus, lebih perhatian supaya bisa lebih baik lagi,  kita harus tetap optimis supaya target Ciamis masuk 10 besar di Porprov 2022 di Tasikmalaya bisa tercapai,” tegasnya.


Sementara Ketua FHI Jawa Barat melalui Sekjen FHI Jawa Barat, Ardhi Pulungan mengakui, sebanyak 20% atlet hockey Jawa Barat berasal dari Ciamis, dan sejak tahun 1978 atlet hockey Ciamis telah berprestasi.

“Potensi atlet hockey di Ciamis sangat potensial, perlu betul-betul dibina dan dikembangkan, dan harus mampu melahirkan kembali atlet yang handal, meskipun sarana dan prasarana sangat kurang mendukung, karena atlit-atlit hockey dari Ciamis ini,” katanya.

Ketua FHI Kabupaten Ciamis, Erwan Darmawan mengakui, kurangnya sarana dan prasarana olahraga di Ciamis khususnya hockey, tidak menyurutkan langkah FHI Ciamis untuk bisa mencetak atlit hockey yang berprestasi.

“Kalau berbicara prestasi dan perkembangan hockey di Ciamis kita juga pernah ikut usia 12 tahun di Jawa Timur merupakan kiblat hockey Indonesia dan kita raih juara 2,” katanya.

Menurutnya Erwan, pihaknya akan menunjukan meskipun Ciamis tidak mempunyai lapangan hockey dan sarana penunjang lainya, tetapi akan terus berupaya untuk membina atlet agar bisa berprestasi di tingkat nasional. (Nank/cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments