Breaking News

World Cleanup Day (WCD) Dipusatkan di Situs Jambansari

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Aksi membersihkan sampah sedunia atau World Cleanup Day (WCD) di Ciamis dipusatkan di kawasan Situs Sejarah Ciamis yaitu lokasi Makam Jambansari, resmi dibuka oleh Bupati Ciamis, DR. H. Herdiat Sunarya, Sabtu (21/09/2019).

WCD yang digelar serentak di seluruh dunia itu sengaja diawali dari kawasan situs sejarah tempat dimakamkannya mantan Bupati Ciamis yang berhasil dizamannya, yaitu R.A.A. Kusumadiningrat dengan tujuan untuk lebih mengenalkan situ tersebut.

“Selain disini WCD juga dilaksanakan serentak di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Panjalu, Kawali dan Banjarsari untuk melakukan pemungutan atau membersihkan sampah-sampah yang ada,” katanya seraya mengakui, diawali dari kawasan Jambansari bergerak ke kawasan Pasar Manis Ciamis.


Bupati berharap, masyarakat dapat memahami kebersihan dan selalu buang sampah pada tempatnya sehingga Kota Ciamis terlihat indah tanpa sampah.

Bupati yang didampingi Ketua TP. PKK Kabupaten Ciamis, Ny. Hj. Kania Herdiat  beserta masyarakat bersama-sama melaksanakan pemungutan sampah sepanjang rute WCD Kabupaten Ciamis.

WCD dibagi empat jalur, pertama rute hijau mulai dari Jambansari - Jln RAA Kusumahdiningrat – Jln. KH. Ahmad Dahlan – Jln Ciptomangunkusumo – Jalan Belakang Staion Galuh – Jln Dokter Soepandi dan berakhir di Pasar Manis.

Rute kedua yaitu rute kuning diawali dari Jambansari ke Ir H Juanda – Jalan Rumah Sakit – Jln Letnan Samuji berakhir di Pasar Manis. Rute ketiga, yaitu rute merah, dari Jambansari bergerak ke Jln RAA Kusumahdiningrat – melelusuri Sungai Cimemen – ke belakang Jalan Gunung Galuh I – Jalan Letnan Samuji dan masuk ke Pasar Manis.

Rite terakhir yaitu rute ungu, dari Jambansari ke RAA Kusumadiningrat – Jalan Galuh II – Jalan Galuh I – Jalan Tentara Pelajar – Jln Hos Cokroaminoto – Jln Gunung Galuh – Jln Sukamulya – Jln Rumah Sakit – Jln Letnan Samuji dan Pasar Manis Ciamis.

Semua rute berakhir di Pasar Manis Ciamis dilanjutkan sosialisasi tentang lingkungan hidup dan pemilahan sampah kepada masyarakat yang berada di sekitar Pasar Manis Ciamis.


Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, H. Oman Rohman menjelaskan, kegiatan WCD bisa mendidik generasi muda dan masyarakat agar jangan membuang sampah sembarangan, sehingga masyarakat lebih peduli terhadap kebersihan tempat tinggalnya.

Menurut Oman, saat ini masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan, untuk itu pihaknya mensosialisasikan kepada masyarakat agar jangan membuang sampah sembarang apalagi membuang sampah ke sungai.

“Kita sudah memasang imbauan, larangan dan arahan-arahan di tempat-tempat tertentu agar masyarakat sadar kebersihan, dan dengan aksi pungut sampah ini kedepanya masyarakat akan terbiasa membuang sampah pada tempatnya,” pungkasnya. (Nank/cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments