Breaking News

Hari Sumpah Pamuda Jadi Momen “Start” Karang Taruna Panawangan

ciamiszone.com :
PANAWANGAN,- Upacara Peringatan Sumpah Pemuda tingkat Kecamatan Panawangan, “ditunggangi” pelantikan pengurus baru secara sederhana, tanpa seragam, tidak pula dengan “hiasan-hiasan” sebagaimana pelantikan pada umumnya. Namun acara sakral tersebut berjalan khidmat tetap didapat, terbukti dengan aura  semangat yang terpancar dari para pengurus.

Bagi Karang Taruna Kec. Panawangan yang hampir 11 tahun vakum itu, 28 Oktober 2019 selain diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda, juga dijadikan moment untuk mengibarkan bendera “start” pertanda seluruh Pengurus Karang Taruna Kec. Panawangan mulai bergerak dengan landasan “Kesetiakawanan Sosial”.

Usai pelantikan pengurus Karang Taruna Kecamatan Panawangan periode 2019-2024 oleh Camat Panawangan, Senin (28/10/2019) itu, seluruh pengurus yang merupakan representasi dari setiap desa hadir di Aula Kecamatan untuk melaksanakan “Upgrading Kepengurusan”.

Mewakili Ketua Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Deny WJ yang hadir memandu “Upgrading Kepengurusan” mengajak pengusurs yang baru dilantik untuk mengungkapkan keprihatinan, problematika dan hambatan, sekaligus mencari dan mengunggah berbagai potensi, termasuk solusinya yang akan dilakukan dalam mengurai problematika dengan potensi yang ada.


“Kita harus tetap sepakat terus melakukan berbagai pertemuan sebagai modal untuk membuat rencana kerja dan tindaklanjutnya. Semakin sering bertemu, semakin datang ide-ide, dan semakin besar kemungkinan-kemungkinan untuk melakukan banyak hal di lapangan,” tegasnya.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Panawangan, Cepi Luki Cepriana usai dilantik mengatakan, dengan landasan kesetiakawanan social pihaknya siap mengembangkan potensi yang ada, baik SDA atau pun SDM-nya.

Menurut Cepi, Hari Sumpah Pemuda merupakan moment bersejarah bagi Karang Taruna Kecamatan Panawangan yang secara resmi dilantik setelah hampir 11 tahun vakum.

“Kehadiran Karang Taruna akan membawa dampak sosial ekonomi di Kecamatan Panawangan dengan mengembangkan potensi yang ada,” katanya.

Menurutnya, Panawangan merupakan etalase wilayah utara Kabupaten Ciamis yang sangat potensial bagi para pemuda untuk membawa Kabupaten Ciamis menuju kemandirian ekonomi dan kesejahteraan.

“Banyak potensi yang bisa kita kembangkan dalam bidang pertanian, peternakan, usaha ekonomi produktif (UEP), usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan objek wisata yang saat ini sedang dirancang, namun semua itu perlu dukungan dari aparatur desa dan stakeholder yang ada,” katanya.

Sementara Camat Panawangan melaui Sekretaris Kecamatan, Devi Indra Nurasona mengharapkan, pengurus Karang Taruna yang baru dilantik agar terus membangun sinergitas dengan seluruh elemen di Kecamatan Panawangan, salahsatunya melaksanakan kerjasama dengan Unit Pengelola Keuangan (UPK).

“Saya berharap Karang Taruna bisa menjalin kerjasama dengan UPK sebagai usaha untuk meningkatkan ekonomi,” tegasnya.

Sedangkan Kapolsek Panawangan, Iptu Muh. Rofiq Arip berharap, Karang Taruna Panawangan bisa lebih banyak inovasi dan membantu jalannya pemerintahan di Kabupaten Ciamis.

“Karang Taruna merupakan generasi penerus, saya harap bisa mempersiapkan diri untuk berkiprah membanguni Panawangan,” katanya. (Nank/cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments