Breaking News

Pemuda Harus Kuasai dan Manfaatkan Teknologi

ciamiszone.com :
LOKASANA,- Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 diharapkan pemuda Ciamis mampu menguasai dan memanfaatkan teknologi untuk hal yang baik dan tepat guna.

“Pesatnya perkembangan teknologi informasi seperti dua mata pisau tajam, disatu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga pemuda mampu meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing,” tegas Bupati Ciamis, DR. H. Herdiat Sunarya dalam sambutannya saat menjadi inspektur Upacara Peringatan Hari Supah Pemuda ke-91 tingkat Kabupaten Ciamis di Taman Lokasana, Senin (28/10/2019).

Menurut Bupati, disisi lain perkembangan teknologi informasi mempunyai dampak negatif dengan banyaknya informasi yang bersifat destruktif seperti pornografi, narkoba, pergaulan bebas, radikalisme dan terorisme.

Pemuda mempunyai karakter, kapasitas, kemampuan, inovasi, kreatifitas tinggi, inspiratif, mandiri dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.


Dijelaskan Bupati, dalam menghadapinya pemuda harus punya filter, baik itu ilmu pengetahuan maupun karakter tangguh yang positif  dalam berbangsa dan bernegara. Untuk itu, pemuda tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan kinerja, beriman dan bertakwa, berintegritas tinggi, jujur, santun dan bertanggungjawab dalam bekerja, kerja keras, cerdas ikhlas dan tuntas.

“Pemuda harus memiliki kapasitas intelektual, skill kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan yang mumpuni serya inovasi agar bisa berperan aktif dalam kancah internasional,” tegasnya.

Semangat pemuda dalam membangun dunia harus tetap menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda untuk membangun dan mengangkat nama baik Bangsa dan Tanah Air Indonesia.


“Pemuda zaman dulu mampu keluar dari jebakan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur untuk persatuan dan kesatuan maka tugas pemuda sekarang harus saling membuka pandangan keluar batas-batas tembok kerohanian dunia untuk menyongsong masa depan yang lebih baik,” katanya.

Sementara Wakil Bupati Ciamis, Yaa D Putra menambahkan, dalam peringatan Sumpah Pemuda ke-91 ini, pemuda harus bisa mengambil substansinya, tidak hanya memperingati Sumpah Pemuda tetapi harus ada semangat juang dan pengorbanan untuk mewujudkan sebuah harapan yang benar-benar baru.

“Wujudkan harapan baru yang luar biasa. Hari ini tidak hanya memperngati orang-orang yang pernah berbuat sesuatu terhadap bangsa dan negara ini tetapi kedepannya harus bisa menjadi pelaku sejarah, bisa membuat sejarah seperti pendahulu kita,” kata Yana D. Putra.

Ditegasannya, perkembangan dunia yang serba modernisasi, globalisasi, perubahan telekomunikasi yang cepat dan luar biasa adalah sebuuah keniscayaan yang barus kita dihadapi, bukan untuk dihindari.

“Kuasai teknologi, manfaatkan teknologi untuk sesuau hal yang baik dan tepat guna,” pungkasnya. (Nank/cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments