Breaking News

ASN-nya Terlibat Narkoba, Ka Lapas Kecolongan?

ciamiszone.com :
LAPAS,- Pembinaan terhadap seluruh pegawai di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Ciamis terus dilakukan, termasuk kerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis yang secara rutin melakukan test urine, namun saat salah seorang ASN-nya, AG (53) dinyatakan terlibat dalam peredaran narkoba, dan warga binaannya justru menjadi otak penyelundupannya, pihak Lapas Ciamis tidak bisa berbuat banyak.

Kepala Lapas Ciamis melalui Kasi Binadik, Zainal yang membenarkan adanya salah seorang oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungannya yang tertangkap karena terlibat dalam kasus narkoba.

“Benar, dan kami kaget adanya salah seorang oknum ASN kami ditangkap polisi karena diduga terlibat dalam kasus narkoba, bahkan lebih kaget lagi warga binaan kami yang diduga menjadi otak pelakunya dari dalam Lapas, kami tahu kejadian tersebut dari pihak Kepolisian,” katanya Kamis (07/11/2019).

Zainal mengakui, pihaknya merasa kecolongan dengan kejadian tersebut karena selama ini terus melakukan pembinaan, terlebih tersangka adalah salah seorang ASN senior di Lapas Ciamis sejak 1990-an.


“Saya pribadi saat mendengar kejadian ditangkapnya AG, benar-benar tidak percaya AG terlibat kasus narkoba, tapi kenyataannya seperti ini,” katanya.

Diakui Zainalk, untuk pemberian sanksi terhadap oknum tersebut, pihaknya tidak bisa putuskan kepastiannya, karena merupakan kebijakan pusat.

“Tunggu saja tunggu perkembangannya, dan bagaimana hasil putusan di pengadilan. Namun kami terus melakukan laporan secara intens kepada pimpinan, sedangkan untuk sangkinya, tergantung dari atasan,” katanya.

Menurutnya, Kalapas akan menindak tegas apabila petugasnya ada yang terlibat masalah narkoba.

“Pembinaan terkait bahaya narkoba dan resiko keterlibatannya sudah sering disampaikan oleh Kalapas, baik dalam setiap apel pagi pegawai atau pun apel regu jaga dan rapat seluruh petugas,” kata Zainal seraya menegaskan, keputusan hukuman yang akan diterima oknum tersebut mutlak  ada di pimpinan pusat. 

Seperti diketahui, Satuan Narkoba Polres Ciamis berhasil mengungkap penyalahgunaan peredaran sabu-sabu di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Ciamis, dan menangkap seorang ASN di Lapas Ciamis, AG (53) warga Sukadana Ciamis. Selain AG, polisi juga mengamankan AFF seorang warga Bandung sebagai pemasok yang diduga jaringan Lapas.

Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso mengakui, penangkapan jaringan pemasok sabu di Lapas itu diawali adanya informasi akan terjadi transaksi barang haram di kawasan Lapas Ciamis. Pihaknya cepat bergerak dan meringkus keduanya. (cZ-01)**

Post a Comment

0 Comments