Breaking News

Berlakukan SIM Pintar, Polres Ciamis Stop Pembuatan SIM Manual

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Terhitung tanggal 22 September 2019, Sat Lantas Polres Ciamis tidak lagi mengeluarkan atau memproduk Surat Izin Mengemudi (SIM) biasa atau manual tapi memberlakukan Smart SIM yang didagang sebagai SIM pintar dilengkapi chip dan bisa digunakan untuk transaksi sesuai bank yang ditunjuk.

Kasat Lantas Polres Ciamis, AKP Suharto kepada ciamiszone.com menjelaskan, terhitung 22 September 2019 secara nasional memberlakukan Smart SIM, termasuk untuk warga Ciamis sudah bisa mendapatkan Smart SIM namun masih diprioritaskan kepada mereka yang memperpanjang atau yang masa berlaku SIM lamanya habis dan pembuatan baru.

“Bagi pemilik SIM yang masih berlaku tapi hanya ingin mengganti saja dari SIM lama ke Smart SIM atau SIM Pintar ini, kami harus melihat dulu persediaan cardnya, jika mencukupi dan tersedia pasti kami layani. Intinya kami memprioritaskan mereka yang membuat baru dan perpanjangan,” kata Kasat Lantas yang baru satu minggu bertugas di Poilres Ciamis itu, Rabu (06/11/2019).

AKP Suharto menyarankan, kepada pemilik SIM manual yang masih berlaku disarankan agar menunggu sampai masa berlaku SIM-nya habis, baru bisa mendapatkan Smart SIM.


Dijelaskannya, pembuatan Smart SIM atau SIM Pintar mekanismenya sama saja seperti SIM sebelumnya, termasuk biayanya juga tidak berubah, namun SIM Pintar ini memiliki beberapa keunggulan, selain bisa digunakan untuk transaksi sesuai bank yang ditunjuk, juga bisa digunakan untuk e-tol dan pembayaran tilang.

“Sesuai bank yang ditunjuk, misalkan BNI, BRI atau BCA pemiliknya harus mengisi saldo maksimal Rp2 juta, dan itu bisa digunakan untuk bernelanja layaknya ATM bank yang bersangkutan. Jika pun tidak diaktifkan ke bank, Smart SIM ini jelas berfungsi sebagai identitas diri karena sudah tertanam chip,” katanya.

Seperti diketahui, Korlantas Polri meluncurkan Samrt SIM atau SIM Pintar ditunjang dengan keunggulan yang bisa dinikamti masyarakat, diantaranya dapat merekam data forensik pengemudi melalui chip yang terpasang dalam Smart SIM. dapat merekam jejak kecelakaan yang dialami oleh si pengendara, karena Smart SIM merupakan bentuk dari legitimasi pengemudi, maka rekam jejak pengemudi yang terekam akan menjadi bahan evaluasi.

Selain itu Samrt SIM juga berfungsi sebagai uang elektronik dengan pengisian maksimal Rp2 juta yang dapat digunakan untuk membayar parker, tol dan berbelanja. Bahkan SIM Pintar ini juga menyajikan fitur augmented reality , sehingga pengguna bisa mengakses layanan edukasi keselamatan dalam berlalulintas. (cZ-01)**

Post a Comment

0 Comments