Breaking News

Bupati, “Atletik Harus Dulang Emas di Porda 2020 Tasikmalaya”

ciamiszone.com :
GD. KONI,- Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya menargetkan Cabang Olahraga (Cabor) Atletik dan Sepeda, khususnya MTB untuk mendulang medali emas pada Porda 2022 di Tasikmalaya.

Hal itu diungkapkan Bupati dalam acara Pelantikan Pengurus Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kabupaten Ciamis Periode 2019-2022 di Gedung Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Ciamis, Kamis (07/11/2019).

Menurut Bupati, kedua cabor tersebut sudah mempunyai reputasi, baik regional maupun nasional, begitu juga cabang sepakbola yang pada Porda 2014 di Bekasi pernah masuk final, kenapa tidak di Tasikmalaya nanti bisa mendapat medali emas.

Ditegaskannya, pengurus PASI yang baru harus tahu nomor-nomor atletik yang dilombakan, untuk terus disosialisasikan.


“Pada Porda 2022 yang akan digelar di Tasikmalaya untuk cabor atletik ada 40 nomor yang dipertandingkan, dari jumlah tersebut minimal 10 madali emas harus diraih,” kata Bupati.

Dijelaskannya, jangan kalah oleh kabupaten/kota lain yang tidak mempunyai stadion atletik, mereka masih bersatu dengan lapangan sepakbola. Sementara di Ciamis, sarana dan prasarana stadion atletik sudah memadai.

“Kita masih punya waktu untuk menata diri untuk latihan yang serius dengan pelatih yang berkualitas dan kita harus maksimalkan peluang yang ada, sehingga atletik Ciamis mampu mendulang medali,” katanya.

Menurutnya, pembinaan untuk atletik harus betul-betul untuk itu Pemkab siap mensupport untuk mencapai prestasi tidak instan tetapi perlu perjuangan, pengorbanan dan biaya yang tinggi.

“Kita sudah sepakat dengan pengurus KONI di Porda 2022 Tasikmalaya kita menargetkan masuk 10 besar, Ciamis pernah mencatat sejarah terburuk di Porda 2014 dengan raihan posisi ke 26 dari 27 kabupaten/kota yang ada,” tegasnya.

Sementara Sekertaris Umum PASI Jawa Barat, Darius mengatakan, Ciamis merupakan sentra atletik di Jawa Barat dan stadion atletik di Ciamis merupakan satu-satunya stadion atletik yang bertarap nasional di Jabar.

“Dengan fasilitas, sarana dan prasarana yang ada serta dukungan dari Pemkab Ciamis diharapkan bisa mencetak atlet atletik yang berprestasi,” katanya.


Menurut Darius, Ciamis terkenal dengan tim sepakbolanya yaitu PSGC, dan sekarang atletiknya kini sudah menargetkan minimal10 mendali emas pada Porda 2022 Tasikmalaya.

“Saya harap setelah dilantiknya Pengcab PASI Kabupaten Ciamis ini jangan terus diam, tetapi harus bekerja keras untuk mempersiapkan diri pada Porda 2022 agar target yang diinginkan bisa tercapai,” katanya.

Sedangkan Ketua Pengcab PASI Kabupaten Ciamis yang baru dilantik, Aef Safuloh mengatakan, komposisi PASI saat ini terdiri dari berbagai usia dan kalangan.

“Ada birokrat, pengusaha, dan dari kalangan anak muda, karena dalam sebuah organisasi diperlukan kerjasama yang baik antar anggota serta tanggung jawab. Kunci sukses sebuah organisasi adalah keseriusan dalam mengelolanya dan kepercayaan antar sesama anggota,” katanya.

Menurutnya, kebersamaan antara sesama anggota akan menumbuhkan keberanian untuk menggapai cita-cita, juga semangat pantang menyerah dan harus terus bekerja keras, berani berkorban untuk kepentingan organisasi, jaga kepercayaan harus diterima dengan ikhlas.

“Kedewasaan dalam berorganisasi harus mampu menghargai sesama pengurus dan mau menerima pendapat dan saran dari orang lain,” tegasnya.

Diakuinya, Ciamis mempunyai sarana prasarana atletik yang memadai dan mumpuni sehingga harus dimaksimalkan agar bisa meraih prestasi.

Dengan susunan kepengurusan yang baru, pihaknya akan melaksanakan program jangka panjang dan jangka pendek. Program jangka pendeknya akan melaksanakan pelatihan atletik dasar untuk mencetak atlet atletik yang berpotensi.

“Saat ini sudah ada 150 peserta yang berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Ciamis, dan kita juga punya target untuk Porda Tahun 2022 di Tasikmalaya adalah 10 besar dan Ateltik akan menyumbang 10 mendali emas,” pungkasnya. (Nank/cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments