Breaking News

Generasi Muda Harus Jadi Pahlawan Masa Kini

ciamiszone.com :
LOKASANA,- Peringatan Hari Pahlawan tahun ini semoga menjadi momentum bangkitnya semangat generasi muda Tatar Galuh Ciamis untuk berinovasi menjadi pahlawan masa kini.

Demikian diungkapkan Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya saat memperingati Hari Pahlawan di Taman Lokasàna Ciamis, Minggu (10/11/2019).

"Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan bekerja dan bekerja untuk mewujudkan mantapnya kemandirian ekonomi masyarakat Kabupaten Ciamis sejahtera untuk semua," katanya.

Diharapkan juga bisa lebih menghormati jasa para pahlawan, peristiwa pertempuran 10 November 1945 merupakan salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia, rakyat bersatu padu berjuang pantang menyerah melawan penjajah yang ingin kembali menguasai NKRI.


“Kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidak didapat dengan mudah, akan tetapi memerlukan pengorbanan yang sangat luar biasa dari para pahlawan,” katanya.

Semangat yang ditunjukan para pahlawan hendaknya ditumbuhkembangkan di hati sanubari Rakyat Indonesia saat ini.

Menurut Bupati, mantan Presiden RI pertama, Ir. Soekarno pernah berkata, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya”.

“Mari kita bangkitkan semangat berinovasi untuk menjadi pahlawan masa kini, sesuai dengan tema Hari Pahlawan sekarang yaitu ‘Aku Pahlawan Masa Kini’," tegasnya.

Dijelasakannya, jika dahulu para Pahlawan mengorbankan semangat perjuangan dengan pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa, namun sekarang semua Rakyat Indonesia bisa menjadi ‘Pahlawan Masa Kini’.


“Kita semua bisa menjadi pahlawan masa kini dengan melakukan aksi-aksi  nyata untuk memperkuat keutuhan NKRI, dan menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan yang memberikan kemaslahatan bagi masyarakat serta membawa harum nama bangsa di mata dunia internasional,” jelasnya.

Bupati juga mengingatkan untuk tidak membiarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun dengan tetesan darah, airmata, harta dan nyawa menjadi sia-sia, jangan biarkan tangan-tangan jahil dan pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

“Jangan kita biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi dan menghasut satu sama lain, mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan membangun negeri menuju Indonesia yang lebih maju,” pungkasnya.

Usai upacara, Bupati Ciamis melanjutkan rangkaian peringatan Hari Pahlawan dengan berziarah ke Taman Makam Pahlawan Imbanagara dan melakukan tabur bunga. (Nank/cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments