Breaking News

Manfaatkan Dampak Leuwi Keris, KT Harus Bisa Menggali Potensi

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Keberadaan Karang Taruna di desa/kelurahan harus mampu menggali potensi hingga bisa menciptakan tenaga kerja untuk memberdayakan warga Karang Taruna, jangan sampia Karang Taruna hadir disaat acara seremonial perringatan hari besar saja.

Demikian diungkapkan Ketua Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Atep Hasnudin saat memberikan materi dalam kegiatan peningkatan kapasitas Karang Taruna Kelurahan Cigembor Kecamatan Ciamis, di GOR Cigembor, Sabtu (23/11/2019).

Dijelaskan Atep, sesuai Persmensos RI, peran Karang Taruna untuk membantu pemerintah ikut dalam menanggulangi 26 permasalahan sosial, sehingga harus bergerak bersatu, berpadu, bersama menjalankan amanah permensos tersebut.

“Sebagai lembaga kemasyarakatan yang berapiliasi ke pemerintah, sudah seharusnya Karang Taruna terjun ikut mensukseskan program-program pemerintah sesuai tingkatan masing-masing, termasuk dalam menciptakan peluang usaha untuk meminimalisir pengguran,” tegasnya.


Hal senada diungapkan Kepala Kelurahan Cigembor, Edi Rusmana yang berharap, keberadaan Karang Taruna harus bisa membangun kerjasama dan sinergis dengan pemerintahan.

“Bantu kami membangun Kelurahan Cigembor, mari kita bekerjasama untuk pembangunan Cigembor kearah yang kebih maju. Manfaatkan dan ciotakan potensi wisata dari dampak dibangunnya Bendungan Leuwi Keris,” kata Edi.

Lurah Edi berharap, sebagai daerah yang berbatasan dengan proyek pembangunan nasional Bendungan Leuwi Keris, Cigembor sudah saatnya menata diri dengan nmenciptakan potensi-potensi wisata baru sebagai pendukung.

“Karang Taruna harus mampu menangkap peluang dari dampak pembangunan Leuwi Keris untuk diberdayakan hingga bermanfaat bagi masyarakat Cigembor,” katanya.

Sementara narasumber lainnya yang juga Pengurus Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Deny WJ memaparkan betapa pentingnya warga Karang Taruna berperan dalam menangkal masuknya HIV-AIDS.


“Peningkatan kapasitas bukan hanya dari program atau kemampuan SDM berorganisasi, tetapi juga di bidang kesehatan warga Karang Taruna harus peduli paham terhadap bahaya dan resiko terkena HIV-AIDS,” tegasnya.

Menjaga kesehatan dan kepedulian untuk menghindari dari bahaya HIV AIDS, sudah merupakan program Karang Taruna Kabupaten yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan.

Kegiatan peningkatan kapasitas Karang Taruna Kelurahan Cigembor yang juga dihadiri Wakil Ketua DPRD, Heri Rafni KJotari dan Sekretaris Kecamatan Ciamis, Santoso itu dilanjutkan dengan Musyawarah Warga Karang Taruna Cigembor dengan agenda pemilihan sosok Ketua Karang Taruna.

Secara aklamasi dalam musyawarah warga Karang Taruna terpilih Azis Hikmah untuk memipin Karang Taruna Kelurahan Cigembor masa bakti 2019-2022 menggantikan Utis Kustiaman yang kini menjadi Ketua Karang Taruna Kecamatan Ciamis dan juga duduk di kepengurusan Karang Taruna Kabupaten Ciamis. (Nank/cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments