Breaking News

Seribu Hari Pertama Menentukan Masa Depan Kesehatan Anak

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Makanan sehat dapat menciptakan generasi yang unggul, seribu hari pertama sangat menentukan masa depan kesehatan anak. Masyarakat khususnya ibu-ibu dan orangtua harus tau agar bisa berkompetisi secara sehat di masyarakat.

Hal itu terungkap dalam Talk Show yang digelar Ikatan Dokter Indomesia (IDI) Kabupaten Ciamis disebuah mall di Ciamis yang bertemakan “Dengan Makanan Tepat, Kita Bangun Generasi Sehat” dengan menghadirkan nasarumber, dr. Ati S.Setiyadi Sp. A. Minggu (17/11/2019).

Sekertaris IDI Kabupaten Ciamis, dr. H. Andi Bastian dalam acara talk show mengatakan, kegiatan yang digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun IDI ke 69 itu, dikemas sederhana namun bisa langsung menyentuh ke masyarakat dengan sasarannya ibu-ibu dan orangtua yang mempunyai anak-anak usia pertumbuhan.

“Dengan kegiatan ini kita bisa menyampaikan bagaimana makanan yang sehat untuk anak-anak dimasa pertumbuhan agar tercipta generasi yang unggul,” katanya seraya mengakui, mengambilan tema disesuaikan dengan Kementerian Kesehatan, sinergis dengan kegiatan Kementerian Kesehatan.



Menurut Andi, tujuannya ingin menyampaikan informasi kesehatan khususnya makanan sehat untuk anak dimasa pertumbuhan dan berbagi kepada masyarakat.

“Disini masyarakat diberikan waktu seluas-luasnya untuk konsultasi secara langsung, sehingga sistem dua arah dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat. sebagai rangkaian HUT IDI, ada beberapa eksistensi yang diberikan IDI kepada masyarakat, antara lain bakti sosial pengobatan massal, khitanan massal dan donor darah,” jelasnya.

Andi berharap, dengan kegiatan ini dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, sebagai sebagai satu-satunya organisasi dokter ingin ikut berbagi pemberdayaan terhadap masyarakat.

Sebagai narasumber, dr. Ati S.  Setiyadi, Sp. A yang juga Kepala Bagian Anak di RSUD Ciamis, mengatakan semua orang diharapkan tahu pentingnya nutrisi dalam 1.000 hari pertama kehidupan.

”Dalam seribu hari pertama, dapat menentukan anak itu sehat atau punya penyakit apa? Nanti dia cerdas atau tidak? Kalau gagal dalam seribu hari pertama kita nggak bisa memperbaikinya,” katanya.

Menurutnya banyak orang yang tidak tahu makanan yang tepat untuk anaknya, banyak anak yang makannya pilih-pilih bahkan ada yang tidak mau makan.

“Saya berharap masyarakat Ciamis dapat mengetahui, seribu hari pertama itu menentukan kehidupan anak kedepannya,” tegansya, sehingga pihaknya pun akan terus memberikan kontribusi kepada masyarakat Ciamis, tidak hanya di tempat praktek tapi berkontribusi dan konsultasi langsung. (Nank/cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments