Breaking News

Antisipasi Virus Corona, 44 Orang Diawasi Dinkes, RSUD Siapkan Ruang Isolasi

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Mengantisipasi berbagai kemungkinan terkait viralnya  penyebaran virus corona dari Wuhan China, RSUD Ciamis sudah menyiapkan ruang isolasi, dan pihaknya mengimbau kepada 44 orang Ciamis yang baru pulang dari China yang saat ini dalam pengawasan Dinas Kesehatan Kebupaten Ciamis agar segera memeriksakan kesehatannya.

Hal itu diungkapkan Direktur RSUD Ciamis, dr. H. Rizali Sofiyan yang mengakui, dari 44 orang Ciamis yang sedang dalam pengawasan Dinkes  belum ada yang positif terjangkit virus corona.

“Alhamdulillah di RSUD Ciamis ini tidak ada pasien yang terindikasi virus corona, diharapkan ke 44 orang yang diawasi Dinkes itu untuk segera memeriksakan kesehatannya ke rumah sakit,” katanya, Kamis (30/01/2020).

Menurutnya, orang yang sudah bepergian ke daerah endemis, terlebih dulu akan diperiksa kesehatanya di Bandara, apabila positif terinfeksi virus corona maka orang itu akan diisolasi juga di Bandara tersebut sebelum melanjutkan perjalanannya.


“Kalaupun ada di RSUD Ciamis pasien yang terjangkit virus corona, pasien akan diisolasi tetapi kalau tidak memungkinkan untuk ditangani di ruang isolasi maka kami akan merujuknya Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung untuk ditangani lebih lanjut,” jelasnya.

Diakuinya, ruangan isolasi yang terdiri dari tiga tempat tidur, sudah lama disiapkan untuk menangani pasien yang bisa dikatakan luar biasa seperti penyakit flu burung dan diffteri.

“Kami sudah menyiapkan Team Hospital Disaster dan Kejadian Luar Biasa (KLB) beranggotakan 15 orang yang akan menangani pasien terindikasi virus flu burung, diffteri atau pun virus corona,” tegasya.

Dijelaskannya, virus corona merupakan bagian dari keluarga virus yang menyebabkan penyakit pernafasan dan dapat menular dari manusia ke manusia tetapi penularan utama dari hewan ke manusia.

Koorndinator Team Hospital Disaster dan KLB, Ratio, S.Kep,. Ners menjelaskan, tugas dan fungsi Team Hospital Disaster dan KLB adalah sebagai team tanggap darurat apabila terjadi bencana dan KLB di RSUD Ciamis dan selalu berkoordinasi dengan Dinkes.

Dalam ruangan Isolasi RSUD Ciamis terdapat berbagai alat kesehatan (Alkes), untuk masuk ruangan tersebut ada standart khusus yang diterapkan baik kepada pesien, perawat maupun penunggu pasien.

“Ruang isolasi ini terdapat tiga lapis pintu, petugas atau orang yang akan memasuki ruangan ini harus memakai alat pelindung diri (APD) diantaranya baju khusus (Clean Guard), kacamata google, tutup kepala dan masker khusus N95 (Hanshoen),” katanya.

Menurutnya, dalam ruangan terdapat Pasien Monitor yang berfungsi untuk melihat dan memonitor keadaan umum pasien dari mulai tensi, nadi, pernafasan, jantung dan terdapat juga Hepafilter fungsinya sebagai filter udara di ruangan tersebut agar steril.

“Para petugas di ruangan ini sudah sesuai prosedur dan diberikan vaksin, untuk pasien yang dirawat disini tidak boleh ditemani penunggu, masa perawatan pasien selama 10 hari, dan kami sudah siap siaga untuk antisipasi pasien terindikasi virus corona,” jelasnya. (Nank/cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments