Breaking News

Cihaurbeuti Kecamatan Pertama Gelar Pelatihan Keorganisasian bareng Pemkab

ciamiszone.com :
CIHAURBEUTI,- Sebagai bentuk sinergitas Karang Taruna Kecamatan Cihaurbeuti dan Pemkab Ciamis, menggelar acara pelatihan keorganisasian di Aula Kantor Desa Cihaurbeuti bertajuk “Pelatihan Penguatan Kelembagaan Karang Taruna Kabupaten Ciamis” dihadiri 150 orang peserta dari berbagai kalangan, Kamis (30/01/2020).

Camat Cihaurbeuti, H. Erwin Hermawan mengungkapkan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Karang Taruna Kecamatan Cihaurbeuti.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam memberikan dasar, pembinaan dan penguatan keorganisasian Karang Taruna, sehingga mereka bisa berdaya dan memecahkan permasalahan sosial yang ada di Kecamatan Cihaurbeuti,” katanya.

Camat berharap, kegiatan seperti ini bisa terus berjalan sampai tingkat desa, sehingga posisi Karang Taruna Kecamatan menjadi kuat sebagai wadah pembinaan para pemuda desa yang ingin bangkit dan mensejahterakan masyarakat.

Wakil Ketua Bidang Keorganisasian Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Andi Ali Fikri yang juga hadir sebagai narasumber memaparkan tentang hakikat, tugas, fungsi, dan kedudukan Karang Taruna.

Dirinya memberikan motivasi agar Karang Taruna Kecamatan Cihaurbeuti bisa berdaya sehingga dapat mengembangkan potensi yang ada di Kecamatan Cihaurbeuti.

“Kami yakin dengan potensi yang dimiliki oleh Karang Taruna  Kecamatan Cihaurbeuti bisa menjadi Teras Galuh Ciamis dan kawah candradimukanya Kabupaten Ciamis,” tagasnya.


Sementara Kasubag Kesra Setda Ciamis, Ade Ruhiat mengatakan, kegiatan ini merupakan program awal yang dilakukan pemerintah daerah dalam pembinaan organisasi kepemudaan yang ada di Kabupaten Ciamis.

“Diharapkan bisa memberikan dasar dan penguatan bagi  Karang Taruna Kecamatan Cihaurbeuti,” katanya

Diakuinya, dipilihnya Karang Taruna Kecamatan Cihaurbeuti sebagai Karang Taruna pertama yang menggelar program ini karena melihat potensi yang dimilikinya relatif potensial untuk dikembangkan.

“Karang Taruna Kecamatan Cihaurbeuti ini mempunyai  banyak potensi sumber daya manusia (SDM) untuk diberdayakan, wilayah dan kultur masyarakatnya yang relatif dinamis,” jelasnya.

Ade berharap program lainnya menunjang pengembangan Karang Taruna Cihaurbeuti bisa disinergis dengan pemerintah daerah dan bisa disuport sesuai dengan program yang ada di Kabupaten Ciamis.

Danramil Cihaurbeuti, Mayor Inf. M. Junaedi sangat mengapresiasi, menurutnya ini merupakan langkah positif dalam pembinaan, pemahaman dan penyadaran patriotisme bagi generasi muda.

“Banyak hal yang bisa dilakukan oleh Karang Taruna yang ada di Kecamatan Cihaurbeuti, diantaranya potensi alam yang melimpah ruah dan belum digali secara optimal,” katanya seraya berharap, Karang Taruna Kecamatan Cihaurbeuti bisa menjadi pendobrak untuk pengembangan potensi yang ada di Cihaurbeuti.


Ketua Karang Taruna Kecamatan Cihaurbeuti, Yosep Mardiana mengakui, kegiatan ini merupakan hasil kinerja bersama antara pengurus Karang Taruna,  pemerintahan desa,  kecamatan, dan kabupaten.

“Kami menghadirkan berbagai pihak dengan harapan bisa memberikan pemahaman, penyamaan persepsi, langkah, semangat dan tekad bersama terkait tugas, fungsi, kedudukan, posisi dan program kerja Karang Taruna yang ada di Kecamatan Cihaurbeuti,” katanya.

Menurutnya, banyak sekali permasalahan yang harus dihadapi oleh Karang Taruna Kecamatan Cihaurbeuti dan ini menjadi langkah awal untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut.

“Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturrahim, komunikasi, koordinasi, mediasi, konsultasi dan kolaborasi dalam memajukan Karang Taruna Kecamatan Cihaurbeuti dan memberikan dampak positif bagi kami,” pungkasnya. (Nank/cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments