Breaking News

Tanggulangi Bencana, Pemkab Ciamis Anggarkan Rp10 Milyar

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Untuk menaggalangi bencana yang terjadi di wilayah Kabupaten Ciamis, Pemkab menyiapkan anggaran Rp10 milyar. Anggaran tersebut masuk dalam belanja tak terduga.

Demikian diungkapkan Bupati Ciamis, DR H Herdiat Sunarya usai Apel Siaga Bencana tingkat Kabupaten Ciamis tahun 2020 di Alun-alun Ciamis, Selasa (21/01/2020).

“Apabila apabila dinyatakan tanggap darurat atau dalam kondisi force major, baru anggaran itu bisa diturunkan,” tegasnya.

Menurut Bupati, berdasarkan catatan BMKG, Ciamis termasuk daerah yang memiliki kerentanan tertinggi untuk tingkat nasional dan masuk peringkat 16 dari 494 daerah, sedangkan di tingkat Provinsi Jabar berada diurutan ke 5 paling rawan.


“Tingginya kerentanan disebabkan berbagai faktor seperti gempa bumi, tanah longsor, banjir dan angin kencang sehingga masih tinggi resiko yang dihadapi, untuk itu penanganan bencana merupakan resiko semua pihak sehingga masyarakat dan pemerintah harus bertanggung jawab sepenuhnya,” jelasnya.

Tingkat kesiagaan harus disiapkan dalam menghadapi bencana secara efektif, sudah sepatutnya gelar pasukan siaga bencana dilaksanakan untuk mengantisipasi adanya kemungkinan bencana.

Bupati juga mengintruksikan kepada seluruh jajaranya dan masyarakat Tatar Galuh Ciamis agar meningkatkan kesiapsiagaan bencana alam di daerah masing-masing.

“Kita harus lebih waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana di daerah rawan-rawan bencana, seperti bencana longsor, banjir, angin kencang dan pergerakan tanah,” katanya.
SKPD terkait agar terus melakukan sosialisasi dan penyampaian informasi tentang kebencanaan supaya masyarakat paham dan mampu menanggulangi bencana secara dini.

“Semoga keseriusan kita dalam penanganan bencana di Kabupaten Ciamis ini memberikan kontribusi terhadap berkurangnya dampak dan risiko akibat bencana,” pungkasnya.

Selanjutnya Bupati beserta unsur Forkopimda Kabupaten Ciamis meninjau alat-alat perlengkapan penanganan bencana alam dari berbagai dinas instansi. (Nank/cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments